Pengembangan Mangga Agri Gardina 45 dan Garifta Merah

Sabtu, 20 Mei 2023, 05:01 WIB

Garifta Merah | Sumber Foto:Balitbu Tropika Balitbangtan

AGRONET -- Warna kulit yang menarik, citarasa manis segar dan ukuran buah yang kecil membuat beberapa anggota kelompok tani di Kecamatan Compreng Kabupaten Subang, Jawa Barat tertarik untuk mengembangkan varietas unggul mangga Agri Gardina-45 dan Garifta Merah yang dihasilkan Balitbu Tropika Balitbangtan.

Menerapkan sistem tanam ultra high density planting (UHDP) dengan jarak tanam 2.5 x 2.5 m, dan tumpang sari dengan padi dan cabe rawit, tiga petani mangga di daerah tersebut yaitu Ikhwan, Warsono dan Payo telah menanam masing-masing 200 tanaman mangga Agri Gardina 45 dan 200 tanaman Garifta Merah pada lahan dengan luas masing-masing 3.500 m2. Mereka bertiga adalah CPCL yang menerima benih mangga dari kegiatan benih sebar Balitbu Tropika.

Saat ini umur tanaman sudah 1.5 tahun dan mulai berbuah. Diharapkan tanaman tumbuh dan berkembang serta berproduksi dengan baik sehingga dapat menambah penghasilan petani serta lebih banyak lagi masyarakat tani yang tertarik untuk mengembangkan varietas Agri Gardina 45 dan Garifta Merah, terutama di Kecamatan Compreng Kabupaten Subang yang merupakan salah satu sentra mangga di Jawa Barat.

 

Sumber :

Balitbu Tropika Balitbangtan