Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan Bangun Kerja Sama Perikanan

Sabtu, 10 Maret 2018, 13:57 WIB

Penandatanganan nota kesepahaman antar perwakilan tiga kabupaten dilaksanakan di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul.


AGRONET - Untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan sumberdaya perikanan, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan dengan dua kabupaten lintas provinsi, yaitu Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah atau yang dikenal dengan Pawonsari.

Bentuk kerjasama dalam bidang perikanan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan perwakilan tiga kabupaten yang dilaksanakan di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Kamis (3/8).

Asisten Administrasi Umum, Kabupaten Pacitan, Sakundoko yang mewakili Bupati Pacitan mengatakan, kerja sama lintas provinsi ini dinilai efektif untuk mengembangkan sumberdaya perikanan karena ketiga kabupaten ini memiliki keadaan geografis yang sama yakni panjang pantai yang mencapai 60 kilometer.

Selain itu, Sakundoko juga mengatakan, kerjasama antar provinsi di bidang kelautan dan perikanan itu akan memberikan rasa aman kepada nelayan masing-masing daerah sehingga mampu mengoptimalkan tangkapan ikan. "Kabupaten Pacitan yang dikenal dengan penghasil ikan tuna yang besar diharapkan juga dapat dikembangkan di Gunungkidul, mengingat letak laut yang dekat dan keadaan alam yang tidak jauh beda," katanya.

Sementara Bupati Gunungkidul, Badingah menegaskan, tiga daerah yang memiliki istilah Pawonsari ini memiliki banyak karakteristik yang sama, di antaraanya banyaknya pegunungan kars dan panjang pantai yang memiliki banyak potensi. Dampak kerjasama juga bisa menguntungkan nelayan baik nelayan asal Gunungkidul maupun nelayan luar daerah yang melaut di perairan yang berada di garis pantai tiga kabupaten karena adanya kepastian hukum yang melindungi nelayan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Suharno menyambut baik kerjasama tersebut. Kerjasama antar daerah yang dilandasi dengan efisiensi akan memberikan keuntungan pada daerah yang berbatasan. "Pawonsari merupakan bentuk kerjasama yang unik yang patut disebut segitiga emas yang memiliki komitmen untuk maju bersama," terangnya.

Berbagai kerjasama dengan Pawonsari yang sudah dimulai sejak 2002 lalu ini diharapkan dapat terus terjalin dan semakin kuat. Selain dalam hal peningkatan sumberdaya perikanan, kerjasama juga sudah dilakukan dalam hal pariwisata, pendidikan dan kesehatan. (KBRN/111)