Ikan Berserakan di Tepi Pantai Laut Pandaran, Bukan Terdampar

Senin, 02 November 2020, 09:43 WIB

Ribuan ikan berserakan di tepian Pantai Laut Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Rabu (28/10). | Sumber Foto:Dok Twitter

AGRONET -- Belakangan masyarakat dihebohkan oleh sebuah video viral di akun media sosial Instagram yang memperlihatkan sejumlah ikan berserakan di tepian Pantai Laut Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Fenomena itu terjadi pada Rabu (28/10) sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Petugas Pengendali Hama dan Penyakit Ikan (PHPI) Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palangka Raya, A. Fakhrizal Nur menjelaskan bahwa banyaknya ikan di tepi pantai tersebut bukanlah fenomena alam dan bukan ikan terdampar.

Menurutnya, ikan-ikan tersebut merupakan tangkapan nelayan setempat. Ia menuturkan, saat itu di lokasi memang waktunya musim ikan selar atau yang kerap disebut masyarakat setempat sebagai ikan krepes. “Jadi sebenarnya ikan yang ada dijaring. Pas kebetulan musim ikan,” ucapnya Jumat (30/10).

Ikan yang tengah berlimpah itu kemudian ditangkap oleh nelayan-nelayan sekitar dengan menggunakan kapal kecil atau kelotok. Menurutnya, karena kapal yang dipakai untuk menangkap ikan tersebut tidak muat untuk menampung semua ikan tangkapan, akhirnya kapal ditarik ke pantai. “Karena saking banyaknya, jadilah terkesan ikan terdampar di pantai begitu,” terang Fakhrizal.(234)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKAIT