Buah Naga Kuning, Buah Istimewa di Masa Pandemi

Senin, 29 Maret 2021, 11:43 WIB

Buah naga kuning dipercaya mempunyai kandungan antioksidan dan karoten yang tinggi, menjadikan buah naga kuning banyak diminati terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. | Sumber Foto:Dok Kementan

AGRONET -- Pada umumnya, buah naga yang sering dijumpai adalah buah naga dengan kulit merah dan daging berwarna putih atau merah. Ternyata varietas buah naga bukan hanya itu saja. Ada juga varietas baru, yaitu buah naga kuning. 

Buah naga kuning tergolong sebagai buah istimewa. Selain karena belum banyak beredar di pasaran, bentuk dan ukurannya juga lebih unik dibandingkan dengan buah naga pada umumnya.

Salah satu kebun buah naga kuning terletak di Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Kebun ini dimiliki oleh Andreas Budiman.  Buah naga kuning memiliki ukuran lebih kecil dari buah naga merah, tetapi rasanya lebih manis. 
 
Varietas ini pertama kali ditemukan oleh Andreas saat berada di Singapura. Ia membeli buah naga kuning dan terkesan dengan rasanya yang manis segar. Andreas kemudian berinisiatif memisahkan bijinya, menjemur di sisi jendela hotel, dan jadilah bibit buah naga kuning yang pertama.(234)