Sinergi menjadi kunci dalam menghadapi aneka permasalahan.

Gapgindo dan Bapanas Bahas Pengamanan Pasokan Gula Nasional

Kamis, 23 November 2023, 05:04 WIB

Pertemuan pengurus Gapgindo dan Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi (kanan). | Sumber Foto:Dok. Gapgindo

AGRONET – Isu pengamanan pasokan gula nasional menjadi tema pembahasan antara pengurus Gabungan Produsen Gula Indonesia (Gapgindo) dan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. Pertemuan ini digelar di kantor Bapanas, Rabu (22/11/2023).

“Seluruh anggota Gapgindo siap melaksanakan dan merealisasikan setiap penugasan Pemerintah untuk pengamanan ketersedian gula nasional,” ujar Ketua Umum Gapgindo Syukur Iwantoro dalam pertemuan. “Kesiapan ini kami sampaikan di tengah gejolak badai pergulaan global seperti saat ini.”

Kenaikan harga gula sebesar 41 persen dalam satu tahun terakhir menggerogoti anggaran para konsumen. Permintaan yang kuat di Timur Tengah dan Asia Tenggara akan menyebabkan defisit pasokan gula sebesar tiga juta ton gula di seluruh dunia tahun ini. Kesenjangan tersebut diperkirakan tidak akan menutup sebelum 2025.

Namun, Kepala Bapanas Arief tetap optimistis. Menurutnya, sinergi menjadi kunci dalam menghadapi aneka permasalahan.

“Dalam kondisi dinamika global apapun, insya Allah Indonesia akan tetap kuat di bidang pangan apabila didukung sinergi dan komitmen kuat antara swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Pemerintah,” kata Arief. “Bapanas akan terus memperkuat sinergi tersebut.” *