TaniDay Bali

TTIC Bali Terima Mobil Operasional dan Cold Storage

Minggu, 05 Januari 2020, 20:38 WIB

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyerahkan secara simbolis 1 unit mobil operasional TTIC dan 2 unit cold storage pada acara TaniDay di Denpasar, Bali. | Sumber Foto:Humas BKP Kementan

AGRONET -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan secara simbolis 1 unit mobil operasional Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) dan 2 unit cold storage (mesin berpendingin) kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Penyerahan dilakukan pada acara TaniDay di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, Minggu (5/1).

Mentan SYL mengharapkan dengan bantuan mobil operasional ini, 117 TTI di Bali dapat terlayani lebih baik. Sementara untuk cold storage diharapkan dapat difungsikan maksimal menyerap cabai atau bawang dari petani dan menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya. 

Cold storage yang dikelola di TTIC berfungsi menyimpan cabai dan bawang merah dalam waktu lama. Tujuannya antara lain untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga. Ketika terjadi ketidakstabilan harga, dua komoditas tersebut dapat dikeluarkan untuk intervensi pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Ida Bagus Wisnu Wardhana, menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Menteri Pertanian dan Kepala Badan Ketahanan Pangan. "Mobil dan cold storage ini sangat menunjang dalam pengelolaan TTIC kami," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, menyampaikan peran TTI dalam agenda TaniDay. Menurut Agung, BKP akan mengupayakan berpartisipasi pada setiap acara TaniDay. BKP akan memeriahkan acara dengan mengikutsertakan Gapoktan binaan dan mitra kerja TTIC untuk mengisi stand dan melakukan penjualan pangan murah.

TaniDay sendiri bertujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi publik mengenai program pemerintah dan gerakan masyarakat di bidang pertanian. Pada kesempatan itu, Mentan SYL mengajak masyarakat untuk berkomitmen dan mengampanyekan makan makanan sehat, diversifikasi pangan lokal, dan mengurangi food waste.

"Jangan ada lagi food waste, makan secukupnya, makan sesuai porsi kita, jangan buang percuma. Mari kita berkomitmen makan sehat, agar hati sehat, pikiran sehat, tubuh sehat, sehingga Indonesia makin maju," ujar SYL.

Hadir dalam kegiatan TaniDay ini, antara lain anggota Komisi IV DPR RI, anggota DPD RI, pejabat eselon 1 dan 2 lingkup Kementerian Pertanian, serta jajaran pejabat Pemprov dan Pemkot Bali. (139)