Operasi Pasar di 22 Lokasi di Jakarta

Kementan dan Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai

Minggu, 09 Pebruari 2020, 10:41 WIB

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi, memberi keterangan pers usai acara pelepasan operasi pasar bawang putih dan cabai ke 22 pasar di DKI Jakarta. | Sumber Foto:Agronet

AGRONET -- Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melepas operasi pasar bawang putih dan cabai ke 22 pasar di DKI Jakarta. Acara pelepasan operasi pasar ini berlangsung di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Kementan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2).

Kepala BKP Agung Hendriadi mengatakan operasi pasar ini dilakukan untuk mengendalikan harga, khususnya harga cabai dan bawang putih yang akhir-akhir ini meningkat, khususnya di DKI Jakarta. Menurut dia, terjadinya kenaikan harga bawang putih dan cabai karena masalah perubahan cuaca yang yang terjadi beberapa bulan terakhir ini.  

"Oleh karena itu, ini menjadi tugas kita bersama. Kementan dengan PT. Food Station Tjipinang dan PD. Pasar Jaya menggelar operasi pasar cabai merah dan bawang putih di 22 pasar di DKI Jakarta untuk mengamankan harga," kata Agung.

Agung menambahkan untuk pasokan operasi pasar, 20 ton bawang putih digulirkan oleh PT. Food Station Tjipinang. Sementara sebanyak 10 ton cabai merah dipasok oleh Kementan.

Pasokan cabai dalam operasi pasar ini, bahkan sejak operasi pasar oleh Kementan 3 Februari lalu, didatangkan langsung dari petani cabai di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, Kabupaten Barabai Kalimantan Selatan, Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat, dan Kabupaten Kaur Bengkulu.

Ia menambahkan volume pasokan cabai akan terus ditambah hingga harga stabil. "Harga cabai rawit merah di DKI sebelumnya mendekati Rp100 ribu. Namun setelah 3 hari kita intervensi harga cabai bisa turun Rp70.000-Rp80.000 di retail," ucap Agung.

Pada kesempatan itu, Agung merinci, BKP Kementan sudah menggelontorkan cabai sekitar 64 ton dalam sepekan terakhir ini. Rinciannya, 61,3 ton ke Pasar Induk kramat Jati, 1,5 ton ke pasar eceran Jakarta dan sekitarnya, serta 1,2 ton ke Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang sebagai penyangga pasar induk Jabodetabek.

Dalam catatan Kementan, harga cabai saat ini mulai mengalami penurunan. Pada 2 Februari 2020 masih berkisar Rp74 ribu per kg untuk cabai merah keriting dan Rp89 ribu per kg untuk cabai rawit merah. Saat ini (9/2) tercatat Rp70 ribu per kg, dan Rp85 ribu kg. Artinya mengalami penurunan sebesar 4,9% untuk cabai merah keriting dan 5,7% untuk cabai rawit merah.

Agung juga mengatakan, Mentan memintanya untuk selalu mengamankan harga pasar, khususnya untuk bahan pokok pada musim penghujan ini sehingga harga tidak melebihi Rp50 ribu. Pengendalian khusus ini akan dilakukan hingga harga pasar dapat stabil kembali.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur DKi Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya mendukung operasi pasar yang dilakukan Kementan ini. "Kami mendukung sekali operasi pasar yang dilakukan Kementerian Pertanian ke 22 pasar  di DKI yang dapat dijangkau," ungkapnya.

Anies menambahkan saat ini Pemprov DKI Jakarta melalui PD. Pasar Jaya dan PT. Food Station Tjipinang juga memasok kebutuhan pasar dan operasi pasar yang dilakukan secara reguler. "Oleh karna itu harapannya pasokan di pasar-pasar terjamin. Dengan begitu nantinya harga bisa turun dan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," tukasnya.

Dalam operasi pasar ini, harga cabai rawit merah dijual Rp35.000/kg dan bawang putih Rp30.000/kg. Untuk rincian jumlah, sebanyak 8 ton cabai juga digelontorkan ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

Adapun 22 pasar yang mendapatkan pasokan dalam operasi pasar tersebut, yakni:  Pasar Pulo Gadung, Johar Baru, Tebet Barat, Koja Baru, Petojo Ilir, Gondangdia, dan Pasar Pondok Labu. 

Kemudian, Pasar Mampang Prapatan, Kelapa Gading, Cijantung, Kramat Jati, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Tomang Barat, Palmerah, Glodok, Jatinegara, Klender, Pasar Senen, Tanah Abang, Anyer Bahari, dan Pasar Metro Atom.

Untuk diketahui, perkembangan rata-rata harga cabai di pasar DKI Jakarta pada 8 Februari 2020 relatif masih tinggi. Berdasarkan pantauan di laman Portal Informasi Harga Pangan Jakarta, rerata harga eceran cabai merah keriting sebesar Rp70.000 per kg, cabai rawit merah sebesar Rp85.000, dan bawang putih sebesar Rp55.000. (139)