Kementan Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Lebaran Aman

Jumat, 13 Maret 2020, 16:49 WIB

Mentan Syahrul Yasin Limpo didampingi Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto saat memimpin rapat koordinasi ketersediaan komoditas hortikukultura strategis 2020 di gedung Ditjen Hortikultura, Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (13/3). | Sumber Foto:Humas Ditjen Hortikultura

AGRONET -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memerintahkan jajaran di Kementerian Pertanian segera menentukan subyek persoalan pangan yang harus ditangani secara cepat. Langkah ini perlu dilakukan mengingat satu bulan ke depan Indonesia akan menghadapi bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2020.

"Saya minta kalian tentukan objek masalah di suatu daerah agar bisa memberi kontribusi lebih terhadap pangan rakyat. Karena itu, kita perlu menentukan metodologi yang benar agar pasar berjalan dengan baik," ujar Mentan saat menghadiri rapat Koordinasi Ketersediaan Komoditas Hortikukultura Strategis 2020 di Ditjen Horti, Pasar Minggu, Jumat, 13 Maret 2020.

Menurut Mentan, metodologi dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan pangan pada bulan puasa dan lebaran mendatang terus tersedia secara baik, dengan posisi harga yang sudah terkendali. Hal ini bisa dilakukan melalui pemetaan jumlah kebutuhan dan stok pangan yang ada.

"Untuk itu, kepada champion cabai, champion pedagang bawang merah dan pelaku pembangunan pertanian, saya berharap selama dua bulan ke depan kita korbankan kepentingan kita untuk rakyat Indonesia. Kita harus penuhi dulu kebutuhan perut rakyat," katanya.

Sebagai catatan, ketersediaan pangan untuk April mendatang masih berada di level aman. Beras misalnya, berada di angka kurang lebih 10 juta ton untuk kebutuhan hingga Agustus mendatang, disusul kebutuhan jagung yang mencapai kurang lebih 4,6 juta ton. Sementara untuk kebutuhan bawang merah, kurang lebih angkanya mencapai 359 juta ton.

"Jadi tidak perlu ragu berlebih dalam menghadapi hari raya. Bawang merah saya jamin, cabai saya jamin, dan bawang putih insya Allah tidak bersoal. Hari ini saya mau melihat bahwa Indonesia tidak goyang dengan krisis apapun. Intinya bulan Ramadan ini, selain kita beramal, kita harus menjamin ketersediaan rakyat aman," katanya.

Di tempat yang sama, Dirjen Hortikukultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, memastikan akan melaksanakan arahan Mentan dalam memonitoring semua kebutuhan rakyat menjelang dan sesudah hari raya besar Idul Fitri 2020 mendatang.

"Secara keseluruhan kebutuhan jelang bulan puasa dan hari raya besar lainya aman dan terkendali. Walau begitu, kami akan terus memonitoring dan mengimplementasikan arahan Pak Menteri untuk menjamin kebutuhan masyarakat," tutupnya. (159)