Permudah Distribusi Pangan

Mentan SYL Launching Pasar Mitra Tani Bekasi

Sabtu, 11 April 2020, 15:38 WIB

Mentan Syahrul Yasin Limpo (batik biru) didampingi Kepala BKP Agung Hendriadi (kanan), dan pejabat lingkup Kementan meninjau tempat penjualan bahan pangan pada kegiatan launching Pasar Mitra Tani/TTIC di Toko Daging Nusantara, Bekasi. | Sumber Foto: Humas BKP Kementan

AGRONET -- Kementerian Pertanian terus mengupayakan kemudahan distribusi pangan melalui Pasar Mitra Tani/TTIC, di saat merebaknya pandemi Covid-19 hingga jelang Ramadhan dan Idul Fitri. Hal ini sesuai petunjuk Presiden agar semaksimal mungkin menyediakan pangan untuk masyarakat.

"Oleh karena itu, melalui Badan Ketahanan Pangan, kita kembangkan pasar mitra tani ini," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat me-launching Pasar Mitra Tani/TTIC di Toko Daging Nusantara, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/4).

Selain memperluas pasar mitra tani, langkah strategis distribusi pangan yang dilakukan Kementan adalah mendekatkan produsen pangan ke daerah-daerah yang mengalami kekurangan pasokan. "Negara hadir membantu kebutuhan pangan, mendekatkan komoditas pangan ke pasar. Dengan begitu ketersediaan (pangan) cukup," kata Mentan.

SYL juga mengungkapkan bahwa ketersediaan pasokan membutuhkan kerjasama dengan semua pihak, sehingga harga-harga berjalan normal dan masyarakat tenang menghadapi pandemi Covid-19 ini. "Kami dengan kementerian lain dan teman-teman Satgas Pangan akan terus melakukan pengecekan di lapangan," tambah Mentan SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi, mengatakan Pasar Mitra Tani akan terus diperluas agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan tenang. "Salah satu tugas kita memperlancar distribusi pangan masyarakat. Oleh karena itu, kita menjalin kerjasama dengan PT. Suri Nusantara Jaya, khususnya dalam memperluas jangkauan distribusi pangan melalui Pasar Mitra Tani," kata Agung

Ditambahkan Agung, dalam kondisi pandemi sekarang ini masyarakat tetap bisa mendapat pangan yang murah. "Dan yang lebih bagus lagi, masyarakat juga bisa memesan secara online, sehingga tidak perlu keluar rumah untuk mendapat bahan pangan. Berbagai kemudahan ini, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menyediakan pangan masyarakat," kata Agung.

Pemilik Toko Daging Nusantara, Diana Dewi, mengungkapkan kesiapannya dalam bekerjasama dengan Kementan. "Kami siap bermitra dengan Kementan. Kami mengharapkan bisa membantu masyarakat mendapat harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari," ujarnya.

Diana juga mengungkapkan di Toko Daging Nusantara, antusiasme masyarakat sudah tiga kali lipat dari hari biasa. Salah seorang pengunjung, Yuni menyambut dengan antusias keberadaan Pasar Mitra Tani di Bekasi ini. "Saya senang karena di sini harganya murah dan barangnya juga berkualitas," katanya.

"Dalam kondisi sekarang dengan kerjasama dengan Gojek atau aplikasi lain pasti sangat membantu memudahkan kami, karena mengikuti imbauan pemerintah untuk tetap di rumah," tambah Yuni.

Pasar Mitra Tani/TTIC Bekasi berada di Toko Daging Nusantara milik PT. Suri Nusantara Jaya yang terletak di Jalan Raya Kranggan No. 45 Bekasi. Toko ini melayani penjualan komoditas pangan strategis, antara lain beras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, gula, dan minyak goreng. (591)