Petani, Penyuluh, dan Generasi Tani Milenial Giatkan Gerakan Menanam

Rabu, 13 Mei 2020, 21:45 WIB

Petani, Penyuluh, dan Generasi Tani Milenial Giatkan Aksi Gerakan Menanam | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Sektor pertanian yang sangat bergantung pada cuaca, bencana alam, hama, dan manajemen ketahanan pangan, membuat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memprioritaskan program percepatan tanam.  Melalui video conference (vicon), Selasa (12/5) Menteri SYL menegaskan, “Gubernur dan Para Bupati sangat optimistis melakukan percepatan. Dipastikan percepatan ini bisa berlanjut ke tingkat kabupaten.”

Melalui Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang melekat pada peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan, percepatan penanaman menjadi sebuah keniscayaan. Kepala BPPSDMP Kementan, Prof. Dedi Nusyamsi menyebutkan bahwa kunci percepatan terletak pada strategis mendampingi dan mengawal petani dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pangan nasional.

Kunci inilah yang direalisasikan oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan untuk mencanangkan tanam komditi pangan alternatif.  Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wondama, Metusalah Boseren merealisasikan Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Lahan Pekarangan.  “Ayo tetap berkebun untuk menjaga ketersediaan pangan.  Lahan pekarangan dapat ditanami umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan,” kata Metusalah.

Pangan-pangan tersebut mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, juga mampu meningkatkan sel darah putih untuk menangkal virus dan bakteri jahat penyebab infeksi termasuk virus corona (Covid-19).  Rangkaian Aksi dilanjutkan oleh BPP se-Kabupaten Teluk Wondama yang dibantu oleh Generasi Tani Milenial Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari yang dimulai pada Rabu (13/5).

Kepala BPP Teluk Duairi, Ottow G. Y. Wosiri menyebutkan, “Para petani dan penyuluh kami arahkan untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam umbi, sayur dan buah.  Selain itu, untuk percepatan tanam padi, di BPP Duairi juga sedang terlaksana pembibitan mandiri benih.”

Harapannya, petani dapat memajukan pertanian di Kabupaten Teluk Wondama.  Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta pun berharap dengan keberadaan mahasiswa dapat membantu mengembangkan SDM pertanian di Kabupaten Teluk Wondama serta percepatan menumbuhkan regenerasi petani lewat Gerakan Menanam. (269)