Kementan Launching Market Place Pas Tani, Belanja Pangan Online Makin Mudah

Kamis, 17 Desember 2020, 10:20 WIB

Tampilan muka place market aplikasi Pas Tani di App Store. | Sumber Foto:App Store

AGRONET -- Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian meresmikan peluncuran market place Pas Tani. Peresmian dilakukan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi, yang berlangsung di Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (17/12).

Agung Hendriadi mengatakan market place Pas Tani atau aplikasi Pas Tani ini sebagai upaya dan komitmen Kementerian Pertanian dalam membantu dan memudahkan masyarakat untuk memperoleh pangan berkualitas dengan harga murah, harga di bawah pasar. Produk pangan yang dijual beraneka ragam, seperti beras, daging, bawang, cabai, dan aneka bahan pangan kebutuhan sehari-hari. "Jadi masyarakat tinggal pesan dari rumah melalui aplikasi Pas Tani, barang langsung diantar ke rumah," kata Agung.

Aplikasi Pas Market yang diinisiasi Badan Ketahanan Pangan ini terhubung dengan seluruh Pasar Mitra Tani yang ada di seluruh Indonesia. Dalam aplikasi masyarakat langsung bisa membayar online melalui Bank Mandiri ataupun BRI. Pesanan pangan langsung diantar oleh Gojek atau Grab yang telah bekerja sama dengan BKP Kementan.

Khusus dalam menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, kata Agung, masyarakat yang memesan pangan melalui aplikasi Pas Tani akan mendapat free ongkir, pengiriman gratis mulai dari tanggal 17 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. Biaya antar akan ditanggung oleh Kementerian Pertanian. Untuk aplikasi Pas Tani, langsung bisa didownload di play store pada android.

Dalam kesempatan itu, Agung meminta kepada pemerintah daerah, dinas ketahanan pangan di provinsi maupun kabupaten untuk giat mensosialisasikan dan mendorong masyarakat agar bisa berbelanja melalui aplikasi Pas Tani. "Belanja jadi mudah, tinggal klik di handphone. Kita tidak perlu lagi ke pasar, atau belanja langsung. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini agar bisa menghindari kerumunan," ujar Agung.

Dia menambahkan harga bahan pangan yang dijual melalui aplikasi Pas Tani, yang disediakan Pasar Mitra Tani, terjangkau dan murah, serta berkualitas. Hal ini dapat dilakukan karena Pasar Mitra Tani mendatangkan produk pangan langsung dari petani.

"Masyarakat dapat belanja mudah, murah, berkualitas. Di sisi lain, hasil pertanian langsung dapat didistribusikan, petani juga mendapat untung. Sehingga sesuai dengan harapan kita tidak ada kelangkaan pasokan dan lonjakan harga di tengah masyarakat," pungkas Agung.

Hadir dalam peresmian market place Pas Tani, pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian. Turut hadir pada kesempatan itu, antara lain vice presiden Bank Mandiri, perwakilan dari Bank BRI, serta perwakilan manajemen Grab dan Gojek. Hadir juga melalui online kepala dinas pangan provinsi atau perwakilan dari seluruh Indonesia. (591)