Penerimaan Mahasiswa Baru

Generasi Muda, Siapkan Dirimu Menjadi Bagian Polbangtan Manokwari

Selasa, 09 Pebruari 2021, 16:53 WIB

Generasi Tani Milenial Polbangtan Manokwari | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Generasi muda, siapkan dirimu menjadi petani milenial. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus memotivasi generasi muda dalam mempercepat regenerasi petani dan mencetak petani milenial. 

Target tercipta 2,5 juta petani milenial dalam waktu lima tahun. Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mewujudkan keberlangsungan program tersebut. Generasi milenial dinilai cakap akan sentuhan teknologi, diyakini oleh Mentan SYL sebagai upaya kemajuan pembangunan pertanian. 

“Dengan kecanggihan sains, riset, dan teknologi yang dimiliki generasi muda, nantinya bertani tidak lagi turun ke lumpur. Cukup dipantau menggunakan aplikasi saja,” sebut SYL, yang juga mantan gubernur Sulawasi Selatan ini.

Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan para generasi muda nantinya akan dididik dan dibina melalui Peguruan Tinggi Vokasi Pertanian, baik melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) maupun Politeknik Engenering Pertanian Indonesia (PEPI).

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, dalam keterangannya beberapa waktu lalu menyebutkan generasi milenial nantinya akan diajarkan bagaimana menjadi seorang petani milenial. Menjadi petani yang modern dan petani yang memiliki produktivitas tinggi.

Lantas, bagaimana para generasi milenial ini bisa bergabung dengan Polbangtan ataupun PEPI. Bertempat di Polbangtan Manokwari pada Selasa (9/2), Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Polbangtan Manokwari, Serafin Y. Rumayomi, menyebutkan bahwa Polbangtan Manokwari sudah melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) hari ini. Pendaftaran akan dimulai pada 15 Februari 2021.

Lebih rinci, Serafin menyebutkan, akan ada empat jalur yang dapat ditempuh bagi para calon mahasiswa baru (Camaba). Melalui jalur undangan, tugas belajar, umum, dan POSKM. Pendaftaran yang berlangsung pada Senin, 15 Februari 2021 diperuntukkan bagi jalur undangan dan tugas belajar.

Bagi pendaftar melalui jalur tugas belajar diwajibkan memiliki SK Pegawai Negeri Sipil (PNS).  Sedangkan untuk pendaftaran jalur undangan, umum, dan POSKM, ada 4 dokumen wajib yang perlu dimiliki sebagai syarat pendaftran, terdiri dari KTP, ijasah terakhir, pas foto berlatar belakang merah ukuran 3X4, dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

Pendaftaran dapat diakses melalui laman website https://pmb.pusdiktan.id/. Melihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Pengarah PMB Polbangtan Manokwari, Carolina Diana Mual, mengingatkan bagi yangs sudah mendaftar agar memantau terus perkembangan informasi yang ada di laman website.

Pengarah PMB yang juga Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan ini menyayangkan jika ada peserta yang terlewat menjadi bagian dari Polbangtan Manokwari. (269)

BERITA TERKAIT