Yohanis Yan Makabori : Ketua Senat Polbangtan Manokwari 2021 – 2025, Optimis Polbangtan Makin Maju

Jumat, 30 April 2021, 09:18 WIB

Yohanis Yan Makabori, Ketua Senat Polbangtan Manokwari 2021-2025 | Sumber Foto:Dok. Pribadi

AGRONET -- Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian, terlebih dalam menumbuhkan minat generasi muda untuk mencintai pertanian.  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan sektor pertanian tumbuh hingga 16,4 persen dalam satu tahun meski adanya pandemi covid-19.

Meski pandemi, pertanian tidak boleh berhenti.  “Pertanian, tempat di mana di depan mata kita ada masa depan, ada uang, dan semua orang bisa berfungsi dari semua umur yang ada,” sebut Menteri SYL.

Pernyataan singkat Menteri Pertanian (Mentan) tersebut juga bermakna tidak pandang usia untuk terlibat dalam dunia pertanian.  Khususnya bagi generasi milenial, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengharapkan generasi milenial untuk sama-sama melangkah berjuang untuk pembangunan pertanian yang menghasilkan produk berorientasi ekspor. 

Kementan melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) siap mendukung Program Kementan khususnya dalam menumbuhkan 2,5 juta Petani Pengusaha Milenial.  Sebagai mana yang tertuang dalam Statuta, Polbangtan Manokwari memiliki visi menjadikan Polbangtan bertaraf internasional yang menjunjung nilai kearifan lokal untuk menghasilkan SDM pertanian profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa wirausaha dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Dalam pencapaianya visi tersebut, pada Kamis, 25 Maret 2021, drh. Purwanta, M.Kes. kembali dilantik oleh Mentan sebagai Direktur Polbangtan Manokwari.  Bentuk tindak lanjut dari Pelantikan Direktur dan Wakil Direktur definitif, pada Jumat, 30 April 2021, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari  melaksanakan pemilihan anggota Senat periode 2021 – 2025.

Purwanta menyebutkan, “Pemilihan Senat merupakan amanat Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 Tahun 2020 tentang Statuta Polbangtan Manokwari. Pada Statuta tersebut dinyatakan bahwa Senat Pobangtan Manokwari terdiri atas Direktur, Wakil Direktur, Unit Penjaminan Mutu (UPM), Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM), Ketua Jurusan dan perwakilan Dosen.”

Rapat Panitia ad-hoc Polbangtan Manokwari berhasil memilih anggota Senat yaitu: drh Purwanta, M.Kes., Dr. Detia Tri Yunandar, SP., M.Si., Dr. Latarus Fangohoi, SP., MP., Susan Carolina Labatar, S.Pt., M.Si., Ir. Carolina Diana Mual, MP., Dr. Oeng Anwarudin, S.Pt., M.Si., Yohanis Yan Makabori, SP. M.Si., Michel Koibur, SP., M.Si., Dr. Aswandi, S.Pt., M.Si., Sritiasni, S,Pt., M.Si., Ir. La Hambui Semahu, MP.

Pada tahapan pemilihan berikutnya Yohanis Yan Makabori dan Carolina Diana Mual terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Senat. Pada sambutan pertamanya Ketua Senat menekankan akan mendukung semua upaya untuk kemajuan Polbangtan Manokwari. Selaras dengan pernyataan Ketua, Sekretaris Senat menyatakan siap mengendalikan penjaminan mutu Polbangtan melalui penerapan dan perbaikan standar penjamin mutu. (OEA/269)