Siapkan SDM Unggul, Polbangtan Manokwari Lakukan Cek Kesehatan Calon Mahasiswa

Rabu, 09 Juni 2021, 11:50 WIB

Prosesi Cek Kesehatan Calon Mahasiswa Polbangtan Manokwari | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya menarik minat generasi muda untuk mau bekerja di industri pertanian. Polbangtan Manokwari selaku salah satu pelaksana pendidikan tinggi vokasi di bawah lingkup Kementan menyelenggarakan seleksi terhadap calon mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 untuk terus menemukan bibit unggul yang akan mendorong kemajuan pertanian Indonesia.

Setelah lulus dari seleksi tes akademik melalui CAT (Computer Assisted Tes) dan wawancara, Calon Mahasiswa Baru yang mengikuti pendaftaran melalui jalur Umum berjumlah 72 orang selanjutnya mengikuti Pemeriksaan Kesehatan karena merupakan salah satu tahap seleksi yang harus diikuti tiap calon mahasiswa baru.

Untuk mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi, maka setiap calon mahasiswa baru yang berada di luar papua barat melaksanakan tes kesehatan di daerah wilayah asal masing-masing yang dilakukan oleh dokter pemerintah di daerah asal pemerintah.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa peningkatan kualitas serta kuantitas SDM pertanian terus dilakukan oleh Kementan. Ia berharap, pertanian bisa menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri, modern, serta didukung kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengajak seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian, Politeknik Enjenering Pertanian Indonesia (PEPI), untuk menjadi penerus pembangunan pertanian Indonesia.

Ketua Pelaksana Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Serafin Yasaya Rumayomi mengatakan bahwa dengan pertimbangan keamanan kesehatan dimasa pandemic covid-19, maka calon mahasiswa baru yang berada diluar daerah Manokwari melakukan tes kesehatan di Rumah sakit pemerintah dengan dengan batas waktu tanggal 7 hingga tanggal 11 Juni 2021.

"Untuk yang berada di daerah Manokwari, Calon mahasiswa baru melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit J.A Manokwari yang dilaksanakan hari ini dan diikuti 34 peserta.” Jelas Serafin.

Rumah sakit Tingkat IV J.A. Dimara merupakan Rumah sakit jajaran Kesehatan Kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari yang dipilih Polbangtan Manokwari karena peralatan kesehatan yang lebih lengkap dan pelayanan yang lebih bagus.

Adapun pemeriksaan yang dilaksanakan meliputi Fisik Diagnosis yang terdiri dari tinggi badan, berat badan, tensi/nadi, gigi dan mulut, THT, bedah, kulit, penyakit dalam, mata, paru dan syaraf. Laporatoriim terdiri dari darah rutin, urine rutin, fungsi hati, SGOT/SGPT, Fungsi Ginjal, HBsAg, GDS, EKH (Rekam Jantung) dan Rongen. (BPPSDMP/269)