Kementan Lakukan Penguatan BPP Kostratani Prafi di Timur Indonesia

Kamis, 17 Juni 2021, 12:27 WIB

Kepala BPPSMP Kementan saat meninjau langsung lahan pertanian di Prafi, Manokwari, Papua Barat | Sumber Foto:Kementan

AGRONET -- SDM Pertanian yang handal diharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.  Kementerian Pertanian melakukan berbagai upaya dalam mendongkrak SDM Pertanian termasuk kelembagaannya. Berbagai upaya dilakukan dengan penguatan kelembagaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang tersebar di 5.733 seluruh Indonesia salah satunya dengan menyambangi BPP Kostratani Prafi, Papua Barat.

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor paling utama untuk meningkatkan produktivitas.  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberi perhatian khusus dalam penguatan insan-insan pertanian.  "Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM pertanian menjadi salah satu target kita. Dan dengan Kostratani, kita akan mewujudkan hal itu," kata Mentan SYL.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi saat mendatangi BPP Kostratani Prafi pada Rabu (16/6) bertemu langsung dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) menekankan peningkatan peran dan fungsi penyuluh dalam meningkatkan produkifitas pertanian.  “Keberhasilan  pembangunan pertanian harus dimulai dari SDM pertanian salah satunya adalah Peran Penyuluh sebagai garda terdepan dalam pertanian. Peran penyuluh tersebut akan semakin kita perkuat dalam Kostratani, yang intinya memperkuat peran BPP dalam pembangunan pertanian.” Jelas Dedi.

PPL menjadi garda terdepan dalam pembangunan pertanian melalui program Kostratani.  Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan. “Kostratani merupakan optimalisasi tugas fungsi dan peran BPP dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional”, terang Dedi.

Adanya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kementan, Polbangtan Manokwari di Papua Barat memiliki peran penting dalam pembangunan SDM pertanian.  Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta menjelaskan bahwa polbangtan manokwari tentu sangat mendukung program kementan dalam peningkatan  kualitas SDM pertanian. “kami terus berupaya menghasilkan lulusan pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing dengan kualifikasi job creator dan job seeker,” rinci Purwanta.(BPPSDMP/269)