Duta Petani Milenial Asal Maluku Tembus Pangsa Pasar Ibu Kota

Senin, 25 Oktober 2021, 13:43 WIB

Ode Sindara, Duta Petani Milenial Kementan RI asal Maluku | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Program Duta Petani Milenial (DPM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) kembali membuahkan hasil.  Kini DPM asal Maluku mampu menembus pangsa pasar Ibu Kota, Jakarta.  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus menyemangati para generasi tani milenial untuk berkarya.  “Kementan akan terus menyiapkan generasi milenial yang siap membangun Indonesia,” kata Menteri SYL.

Langkah nyata dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu membangun Indonesia, menjadi peran Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan.  Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menyebutkan, “Pengungkit utama sektor pertanian adalah SDM yang mumpuni.”

Disinilah peran Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dalam mencetak SDM Pertanian yang maju, madiri, modern, dan berjiwa wirausaha.  Tidak sekedar menjadikan lulusannya menyandang gelar sarjana, Polbangtan juga membina DPM yang berkarya di wilayah kerja masing-masing.  Seperti Polbangtan Manokwari yang membina Ode Sindara, DPM asal Maluku.

Ode bercocok tanam hortikultura, seperti cabe rawit, jahe,  daun seledri, dan sayuran lainnya, kini sukses memperluas jaringan dengan menembus pasar Jakarta.  Ode menjadi salah satu DPM yang berperan dalam mengembangkan dan memajukan sektor pertanian.

Rasa syukur terus dipanjatkan alumnus SMA Negeri 1 Masohi yang saat ini, dengan berprofesi sebagai DPM Haruo, Negeri Rutah, Amahai, Maluku Tengah.  Sukses mengembangakan komoditi pertanian bidang Hortikultura membuatnya makin semangat memberi motivasi pada generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian.

Perannya sebagai Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapokatan) Haruo Jaya Rutah, Maluku Tengah makin matang dengan penobatannya sebagai DMP Kementan RI Maluku Utara.  “Bisnis Hortikultura bisa menjadi sumber penghasilan dan harapan bagi anak muda zaman sekarang,” sebut pria berusia 38 tahun ini.

Ode yang telah berkecimpung selama 10 tahun di dunia pertanian, sangat mengharapkan keterlibatan generasi muda di daerahnya untuk ikut menekuti usaha ini.  Pasarnya pun cukup luas mulai dari Sorong , Manokwari, Biak Fakfak, Tual, Dobo, Saumlaki, kota Ambon hingga ke Ibu Kota. (Polbangtan Manokwari/269)

 

Reporter : Imran/Humas Polbangtan Manokwari

Sumber : RILIS BPPSDMP - 25 Oktober 2021 *1366/HUMAS