Polbangtan Kementan Bentuk Jiwa Kesatria Generasi Milenial Lewat Kursus Mahir Dasar

Rabu, 17 November 2021, 20:17 WIB

Pembukaan Kursus Mahir Dasar oleh Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Sektor pertanian, salah satu sektor yang tahan terhadap Pandemi Covid-19 yang juga tidak mengenal krisis.  Kemampuan bertahan dalam menghadapi krisis perlu dimiliki tiap generasi muda, khususnya para generasi tani milenial.  Kementerian Pertanian (Kementan) memaksimalkan peran pendidikan vokasi untuk membentuk karakter para petani milenial.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Unit Pelaksana Teknis di bawah BPPSDMP Kementan membekali jiwa kesatria dengan mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi mahasiswa Semester 1.  KMD merupakan bagian dari gerakan peamuka yang menjadi salah satu wadah pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)  khususnya generasi muda.

Tema yang diangkat adalah 'Petani milenial berbakti tanpa henti, tumbuhkan kreativitas dan inovasi pertanian untuk negeri'.  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dalam mendorong generasi  muda yang memiliki jiwa Pramuka agar mencintai dan memahami pentingnya dunia pertanian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sektor pertanian mampu memberi kehidupan dan penghidupan bagi suatu bangsa dari krisis ekonomi. Sektor pertanian adalah pilihan pasti yang sangat menjanjika. Tanggapan juga hadir dari Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa petani milenial yang akan mampu melanjutkan estafet pembangunan pertanian karena selain cerdas, berpendidikan tinggi dan inovatif, juga adaptif terhadap segala perubahan zaman.

“Saya sangat berharap pembangunan pertanian ada di gengaman kalian semuannya  sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan pertanian, yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia," tegas Dedi.  Dihadapan 111 peserta KMD, Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta, berharap melalui kegiatan KMD ini dapat membentuk genarasi milenial yang menuju pada pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Kegiatan KMD Polbangtan Manokwari diharapkan dapat memberi pengetahuan dasar dan pengalaman praktis kepada generasi milenial. Pramuka di Polbangtan Manokwari harus ditumbuhkan kembali, agar mahasiswa dapat membentuk jiwa kesatria.  Purwanta pun memotivasi mahasiswa bahwa sukses itu perlu dipaksa, siapa yang memaksa? yang memaksa adalah diri sendiri.

Tentukanlah jalanmu sendiri menuju sukses. Ikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dapatkan ilmunya dan bentuk karakter dengan mengasah soft skill maupun hard skill masing-masing.  Sejatinya menjadi kesatria bukan perkara mudah atau sulit, namun kembali ke kemauan diri dengan berbekal nilai-nilai ke Pramukaan, terlebih dari Kursus Mahir Dasar. (BPPSDMP/269)

Sumber : Rilis BPPSDMP Kementan