Milenial Papua Siap Jadi Wirausahawan Pertanian

Kamis, 18 November 2021, 22:05 WIB

Pelatihan kewirausahaan bagi petani milenia | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET – Papua memiliki potensi pertanian yang sangat besar.  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara masif mendorong penumbuhan petani milenial di tanah Papua.  Adanya anak-anak muda yang juga memiliki potensi besar untuk membangun sektor pertanian menjadikan peluang pembangunan pertanian di Indonesia Timur.

Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.  “Pertanian di Papua ini memiliki prospek yang cukup cerah. Anak-anak muda Papua kita harapkan dapat mengembangkan pertanian Papua,” kata Mentan Syahrul saat membuka pelatihan bagi petani milenial beberapa waktu yang lalu.

Petani milenial di Papua siap menjadi wirausahawan pertanian.  Kementan membuktikan keseriusannya dalam menyiapkan sumber daya manusia di wilayah Timur Indonesia untuk mampu menghasilkan produk lokal yang berdaya saing. Pelatihan kewirausahaan bagi petani milenia di Provinsi Papua dan Papua Barat dalam rangka mendukung ketersediaan pangan menjadi bukti nyata upaya yang dilakukan.

Kegiatan ini turut melibatkan Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan (DPM dan DPA), beberapa di antaranya yaitu Simon Tabuni dan Malahayati. Sebagaimana pernyataan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi yang mengatakan bahwa petani milenial yang tergabung dalam DPM dan DPA terus melakukan resonansi di daerahnya, termasuk di Bumi Papua.

"Petani milenial menjadi tulang punggung dan harapan pertanian kita di masa depan. Milenial-lah yang akan melanjutkan sektor pertanian. Untuk itu, kita harapkan resonansi terus ditumbuhkan untuk mendorong semangat wirausahawan milenial," pesan Dedi.  Sebanyak 1.200 petani milenial disediakan bimbingan teknis untuk mengelola sumber daya alam Papua yang melimpah, baik secara online maupun offline. Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP berperan dalam proses penjaringan peserta pelatihan yang  berasal dari petani milenial yang tergabung dalam Jaringan Pertanian Nasional (JPN) yang berada di wilayah kerja Polbangtan Manokwari dan Papua Muda Inspiratif (PMI).

Peningkatan kapasitas petani milenial yang berasal dari berbagai kabupaten yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat ini dilakukan untuk meningkatkan hardskill maupun softskill. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, di antaranya berasal dari akademisi yaitu dosen Polbangan Manokwari maupun praktisi yang merupakan petani milenial sukses dari tanah Papua. (BPPSDMP/269)

 

Sumber : RILIS BPPSDMP KEMENTAN