Kelompok Ternak Maju Jaya 2 Diberi Bantuan 20 Ekor Sapi

Sabtu, 23 April 2022, 19:30 WIB

Kelompok Ternak Maju Jaya 2 Diberi Bantuan 20 Ekor Sapi | Sumber Foto:SUMEDANG

AGRONET -- Kelompok ternak Maju Jaya 2 Desa Cilopang, Kecamatan Cisitu menerima bantuan 20 ekor sapi dari Kementerian Pertanian RI dan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates. Penyerahan bantuan dilakukan pada 19 April 2022 kemarin oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Kabupaten Sumedang.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman mengatakan, bantuan sapi tersebut didapat melalui program Pengembangan Ternak Ruminansia Sapi Potong Tahun 2022. "Sapi-sapi ini lebih diarahkan ke pembibitan, jadi calon-calon sapi indukan. Jenisnya macam-macam, ada yang persilangan lomosin, ada sapi PO dan sapi lainnya," kata Nandang, Sabtu (23/4/2022).

Kadis mengatakan, setelah menyerahkan bantuan ini, pihaknya tidak melepas begitu saja. Namun masih akan melakukan pemantauan pengawasan perkembangan sapi. "Kami akan lakukan pengawasan melalui di UPTD wilayah, dengan melibatkan dokter hewan yang kami miliki, terutama masalah kesehatannya," katanya.

Dengan adanya bantuan sapi ini, diharapkan Kelompok Ternak Maju Jaya 2 menjadi titik awal atau sentral peternakan, khususnya sapi, di desa-desa lainnya di wilayah Sumedang. "Ditargetkan dalam 3 tahun kedepan dari 20 ekor sapi ini bisa menjadi 60 ekor. Karena sapi harus beradaptasi dulu dengan lingkungan barunya. Selain itu harus dilakukan diperhatikan juga manajemen kandang dan pakannya, sehingga dalam 6 bulan sudah muncul birahi," ucapnya.

Ketua Kelompok Maju Jaya 2, Jojo mengapresiasi bantuan yang diberikan tersebut. Ia dan anggota kelompok lainnya berjanji akan memelihara dan mengembangkan sapi bantuan, untuk kesejahteraan anggota. [*]

 

Sumber:

SUMEDANG