Melek Digital 4.0, Mahasiswa Polbangtan Kementan Kuasai TI

Selasa, 21 Juni 2022, 18:04 WIB

Kursus Komputer Polbangtan Manokwari | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Era digital 4.0 menuntut generasi muda untuk menguasai TI (Tekhologi Informasi).  Para generasi milenial berlomba-lomba memperdalam ilmu pengetahuan sebagai bekal dalam membangun negeri.

Mampu mengoperasikan komputer dengan baik menjadi keharusan bagi generasi milenial.  Kursus komputer menjadi solusi agar mampu mengasah soft skill dan menjadi sumber daya manusia yang maju, mandiri, dan modern.

Hal tersebut sejalan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menekankan peningkatan kapasitas SDM. Menurutnya SDM menjadi faktor penting dalam pembangunan pertanian.

“Saat ini, sektor pertanian telah memasuki era teknologi digital, sehingga para generasi muda perlu beradaptasi dalam memanfaatkan peluang dan memenangkan kompetisi”,tegas SYL.

"Pertanian, saat ini, tidak sama dengan sebelumnya. Kita masuk pertanian internet of thinking, menggunakan artificial intelligence, satelit sudah main. Pertanian itu keren," tambahnya.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa Mahasiswa Polbangtan harus mampu bertindak untuk mengasah hard skil dan soft skill dimanapun berada.

“Polbangtan harus mampu melahirkan lulusan yang qualified dalam membantu peningkatan produktifitas dan daya saing pertanian,” ungkap Dedi

Oleh karena itu, Polbangtan Manokwari terus menggenjot kompetensi mahasiswa. Karena mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Pelatihan yang digelar diikuti oleh mahasiswa tingkat 1 semester dua, dengan menggandeng Lembaga Kursus Bahari Komputer. Kegiatan tersebut akan selama satu minggu dengan mengajarkan teknik dasar dalam mengoprasikan Komputer.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk peningkatan soft skill mahasiswa dalam penguasaan IT. “Karena kita masih menemukan beberapa mahasiswa kesulitan dalam mengoprasionalkan komputer, sehingga melalui kegiatan ini dapat menjadi bekal mahasiswa,” kata Purwanta

Ia pun berharap bahwa kedepan mahasiswa tidak hanya sekedar mampu menggunakan peralatan IT, tetapi mampu membuat sebuah inovasi dengan memadukan teknologi dan pertanian. “Dengan begitu mahasiswa sebagai masa depan pembangunan pertanian siap menghadapi era digitalisasi 4.0",tambahnya.

 

Sumber :

RILIS BPPSDMP - 21 Juni 2022
816/ HUMAS