Karantina Pertanian Perkuat Kompetensi Personel Laboratorium

Selasa, 28 Juni 2022, 11:27 WIB

Pelatihan Griyaan Pengembangan Laboratorium dan Peningkatan Kompetensi Pejabat Fungsional Teknis Bagi Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan | Sumber Foto:Karantina Pertanian

AGRONET -- Keahlian personel laboratoriun dalam menganalisis sampel menjadi kunci kridibilitas suatu institusi. Karantina Pertanian Uji Standar (BBUSKP) kirimkan personelnya sebagai pemberi materi dalam kegiatan Pelatihan Griyaan Pengembangan Laboratorium dan Peningkatan Kompetensi Pejabat Fungsional Teknis Bagi Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan yang diselenggarakan oleh Karantina Pertanian Timika.


Kegiatan dibuka oleh Ade Irawan Putra Agung, selaku Pelaksana Fungsi Tata Usaha Karantina Pertanian Timika. Pelatihan bertujuan untuk penambahan ruang lingkup akreditasi laboratorium dan meningkatkan kompetensi personel dalam melakukan pemeriksaan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) Bactrocera spp. serta Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) Brucellosis dan Avian Influenza.

Pelatihan diikuti seluruh personel teknis dengan pemaparan materi mengenai Manajemen Mutu ISO IEC 17025-2017 dan Verifikasi Personel Laboratorium. Materi teknis Karantina Hewan meliputi: Validasi Metode Uji RBT dan Uji HA-HI AI/ND disampaikan oleh Haeriah (Dokter Hewan Karantina Muda, BBUSKP). Materi teknis Karantina Tumbuhan meliputi: Validasi dan Verifikasi Metode Uji Bactrocera spp. disampaikan oleh Methy Handiyanti (Analis Perkarantinaan Tumbuhan Muda, BBUSKP).

Materi disampaikan secara luring dan diaplikasikan langsung oleh peserta di laboratorium Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan. Praktikum di laboratorium Karantina Hewan berupa penyiapan sampel untuk pengujian validasi RBT dan HA-HI AI/ND. Sedangkan untuk praktikum di laboratorium Karantina Tumbuhan berupa cara penyiapan sampel dan identifikasi lalat buah Bactrocera dorsalis, B. carambolae, dan B. umbrosa.

Menutup pelatihan, Tasrif selaku Kepala Karantina Pertanian Timika menyampaikan harapan kegiatan ini dapat digunakan untuk penambahan ruang lingkup akreditasi laboratorium dan peningkatan kompetensi pejabat Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan di Karantina Pertanian Timika.

 

Sumber : 
Karantina Pertanian Uji Standar