Alumnus Fakultas Peternakan Unsoed Jadi Ketua Regu Haji

Minggu, 24 Juli 2022, 09:38 WIB

AGRONET – Berangsur jemaah haji telah kembali ke tanah air.  Salah satu jamaah adalah alumnus Fakultas Peternakan (Fapet) Unsoed.  H.Hery Supriadi,SPt.,MPt. saat menerima amanah sebagai Ketua Regu 4 Rombongan 2 Kloter 29 disambut dengan senang hati karena sudah terbiasa menghadapi tugas dan kerja apapun saat kuliah.

H.Hery Supriadi,SPt. MPt. (Sub Koordinator Pemasaran di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak/BBPTU HPT, Baturraden, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian) anggota jemaah haji dari Kab.Banyumas bersyukur dapat menunaikan ibadah haji bersama istrinya Sri Haryani,SE. (Ka.Subag.Umum Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Kab.Banyumas).  H.Hery salah satu jemaah kelompok terbang (Kloter) 29 dari GOR Satria Purwokerto di berangkatkan ke Asrama Haji pukul 09.00 hari Rabu (22 Juni 2022).

Serangkaian acara di Asrama Haji Donohudan Boyolali, di antaranya Pertama, Pemeriksaan Kesehatan yang meliputi hasil pemeriksaan PCR dari Dinas Kesehatan Kab.Banyumas, di tensi, diberikan arahan tentang riwayat kesehatan "calhaj" dan diberikan paket perlengkapan kesehatan seperti masker, obat ringan, kantung urine, oralit, han sanitizer, botol penyemprot wajah, analgesik cream, dan lain-lain. Kedua, Manasik Haji. Ketiga Pemberiian Paspor. Keempat, Pemberian Living Cost 1.500 real, dan Kelima Pembagian Gelang Haji. Setiap anggota jemaah haji asal Indonesia dibekali gelang identitas yang memuat asal embarkasi, tahun keberangkatan, nomor kloter, nama anggota jemaah, dan nomor paspor.

H.Hery diterbangkan dalam Kloter 29 dari Embarkasi Solo menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.  Penyelenggaraan haji tahun 2022 adalah yang pertama pasca pandemi Covid-19 yang membuka partisipasi jemaah internasional. Untuk tempat tinggal jemaah di Mekkah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyiapkan hotel di 5 wilayah, yaitu di Misfalah, Mahbas Jin, Jarwal, Raudhah, dan Syisyah. Setelah meletakkan barang bawaan di Hotel Al Kiswah, Tower 3 di Kawasan Jarwal. Kemudian H.Hery bersama jemaah Kloter 29 menjalankan umrah wajib sebelum menunaikan haji. Adapun miqot di atas pesawat. Umrah ditunaikan setelah sudah niat dan sudah mengenakan pakaian ikhram.

Tawaf menjadi bagian dari amalah umrah. Jemaah yang menjalani umrah terus melakukan tawaf mengelilingi Kabah sambil berdo'a di area Masjidil Haram, Mekkah Selesai tawaf, Hery dan jemaah bergeser ke jalur Safa dan Marwah untuk menjalani Sa'i (berlari kecil antara bukit Shafa dan Marwa) di area dengan atap tertutup. Setelah itu, jemaah menjalankan amalan lain, seperti Shalat atau berdo'a di area selasar Masjidil Haram yang terhubung dengan Kabah.

Puncak haji berlangsung awal Juli 2022 saat jemaah menjalani Wukuf di Arafah, lantas menginap sejenak di Muzdalifah, kemudian menginap di Mina, selanjutnya melempar jumrah. Seusai itu, jemaah akan tawaf Ifadah di Kabah, dilanjut Sa'i dan Tahalul. Berikut rangkaian puncak haji selengkapnya :

Pukul 11.00 Kamis 07 Juli 2022 semua jemaah dengan menggunakan baju ikhram siap-siap berangkat dari Hotel Alkiswah, Mekkah menuju perkemahan di Arafah dengan menggunakan bis. Sepanjang perjalanan jemaah mengumandangkan talbiyah. Terlihat wajah yang penuh semangat dan bersyukur menjelang kegiatan Armuzna (Arofah, Muzdalifah, dan Mina). Pukul 13.00 jemaah memasuki perkemahan di Arafah. Sholat Dhuhur.dan Ashar dijamak, kemudian jemaah diberikan pengarahan oleh Ketua Kloter dan Pembimbing Haji dari Kemenag tentang jadwal dan kegiatan selama Armuzna. Selanjutnya jemaah mengisi waktunya di dalam tenda dengan membaca Al-Quran. Lantas jemaah istirahat sambil menanti Sholat Magrib dan Shalat Isya yang dijamak.

Setelah jemaah menginap semalam di tenda-tenda perkemahan sesuai dengan klompok terbang (kloter) mereka menjalankan wukuf sebagai puncak amalan haji pada Jum'at siang 08 Juli 2022 dengan berdzikir, merenung, membaca do'a, mendengarkan khotbah di tenda masing-masing, serta Shalat Dzuhur dan Ashar. H.Hery dan jemaah berada di Arafah sampai sore hari.

Selesai menuntaskan wukuf di Arafah, Jum'at malam pukul 20.30 jemaah dengan bis bergerak menuju Muzdalifah untuk mengambil batu krikil dan menginap sejenak.  Pukul 02.00 Sabtu 09 Juli 2022 pukul 02.00 jemaah lantas dengan bis menuju Mina untuk mabit (menginap) dan melemparkan batu krikil (Jamarat) selama tiga hari seusai wukuf.

Di Mina sudah disediakan tenda-tenda sesuai maktabnya. H.Hery berada di Maktab 34 di Kloter 29 dari Kab.Banyumas.  Hery bersama jemaah internasional menuntaskan jamarat atau melempar batu krikil di tiga tugu batu di Mina, Arab Saudi. Jamarat dimulai pada Sabtu 9 Juli 2022 dengan jadwal lempar jumroh diatur oleh Maktab yakni Hery dan para jemaah Kloter 29 berangkat berombongan dari perkemahan di Mina menuju tempat jamarat sesuai dengan jadwal yang telah disepakati yaitu pukul 17.00 agar jemaah dapat menunaikannya dengan nyaman. Tiba di tugu batu, para jemaah melemparkan krikil yang telah diambil sebelumnya dari kawasan Muzdalifah.

Kepulangan jemaah haji asal Indonesia dari Mekkah ke Indonesia terus berlangsung. Pada Sabtu (16 Juli 2022) jemaah dalam 8 kelompok terbang (Kloter) diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz di Jedah, Arab Saudi ke Tanah Air, kemudian menuju Asrama Haji di Padang, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, dan Surabaya. Selesai jemaah menjalankan ibadah haji (meliputi wukuf, menginap di Muzdalifah dan Mina, melempar jumrah, thawaf ifadha, sa'i, dan tahalul), kemudian jemaah Kloter 29 bergeser ke Madinah. Tiba di Madinah, mereka langsung menjalani sejumlah amalan sunnah. Salah satunya, menjalankan shalat 40 waktu di Masjid Nabawi atau disebut Arba'in. Selanjutnya dari Madinah jemaah Kloter 29 pulang ke Indonesia dan sampai di Purwokerto 05 Agustus 2022.

 

Sumber :

Humas Dies Natalis ke-56 Fakultas Peternakan Unsoed Ir.H.Alief Einstein,M.Hum.