Tanam 5.000 Kopi S 795 di Pegunungan Arfak

Kamis, 01 September 2022, 22:29 WIB

Benih kopi S 795 bersertifikat sebanyak 5000 ribu diberikan kepada petani Milenial dari Papua Muda Inspiratif (PMI) di Pegunungan Arfak, Papua Barat | Sumber Foto:BPTP Papua Barat

AGRONET -- Aroma kopi selalu memberi semangat bagi sang pencinta kopi.  Terlebih kopi khas papua yang memiliki cita rasa berbeda. Kepala BPTP Papua Barat Dr. Aser Rouw, SP, M.Si didampingi oleh Sub Koordinator Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) BPTP Papua Barat, Herman R. Tata, SP., M.P menyerahkan benih kopi S 795 bersertifikat sebanyak 5000 ribu kepada petani Milenial dari Papua Muda Inspiratif (PMI) di Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Sebanyak 2500 benih kopi arabika S 795 bersertifikat diserahkan kepada Kelompok Tani Tunas Muda Harapan di Kampung Udohotma, distrik Sururei, Kabupaten Pegunungan Arfak, dan sebanyak 2500 benih kopi arabika S 795 bersertifikat diserahkan kepada Kelompok Fajar Tani Mauro di Kampung Mauro, Distrik Anggi Kabupaten Pegunungan Arfak.

Kepala BPTP Papua Barat, Dr. Aser Rouw, SP, M.Si menjelaskan bahwa total alokasi kopi untuk kedua kelompok tani ini berjumlah 20 ribu benih Kopi yang akan diserahkan secara bertahap sejalan dengaan proses penyediaan benih yang dilakukan oleh BPTP Papua Barat. Pada tahap awal ini kami menyerahkan 5000 benih S 795 bersertifikat siap tanam. Dijelaskan pula oleh Kepala BPTP Papua Barat bahwa dalam proses penyediaan benih kopi Arabika, BPTP Papua Barat melakukan kerjasama dengan dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, dan perkebunan (TPHBUN) Provinsi Papua Barat dan juga melakukan kolaborasi dengan petani milenial dari Papua Muda Inspiratif (PMI).

BPTP Papua Barat bertugas memproduksi benih kopi bersertifikat, Dinas pertanian menyediakan dana pengembangan, sedangkan Petani milenial dari PMI mempersiapkan kelompok tani untuk penyiapan lahan dan penanaman benih kopi berdasarkan petunjuk teknis dari BPTP Papua Barat.

PLT Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pegunungan Arfak, Permenas Dowansiba, SST., M.P dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada BPTP Papua Barat selaku UPT Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian yang telah memberikan perhatian penuh kepada Petani Kopi di Kabupaten Pegunungan Arfak.

“Kita sudah dapat bantuan Benih Kopi terbaik, tugas kita adalah kita menanam dan merawat sehingga kita akan memperoleh hasilnya”..Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan dinas TPHBUN Papua Barat yang diawikili oleh Staf, Tony Zy. Kaumfu menyerahkan bantuan peralatan berupa parang dan sekop.

 

Sumber :

BPTP Papua Barat