Perkuat UU Perkarantinaan di Karantina Pertanian Manokwari oleh Kapus KKIP

Jumat, 30 September 2022, 18:28 WIB

AGRONET -- Bertempat di Swissbell Hotel Manokwari Karantina Pertanian Manokwari menggelar “Sosialisasi Kebijakan Pengawasan Kepatuhan Perkarantinaan”, Rabu (28/09). Hadir sebagai narasumber Junaidi selaku Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama, dan Informasi Perkarantinaan (KKIP) Badan Karantina Pertanian.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Stasiun Karantina Pertanian Manokwari, Lukas Saiba, SST. dan dihadiri oleh seluruh pegawai Stasiun Karantina Pertanian Manokwari. Dalam pembukaannya Lukas menghimbau kepada seluruh pegawai untuk memahami UU No 21 Tahun 2019 dan menjadikannya dasar dalam menjalankan tugas perkarantinaan.

Dalam pemaparannya, Junaidi menegaskan tujuan dari sosialisasi ini untuk memberikan pedoman, mendapatkan kesamaan pola sikap dan tindak ,serta mensinergikan hak dan kewajiban dalam rangka pengawasan kepatuhan perkarantinaan di Indonesia.

Kepatuhan terhadap peraturan perkarantinaan dapat terwujud melalui kerjasama aktif dari berbagai elemen. Namun pemahaman internal dan jiwa korsa perlu ditingkatkan agar tercipta sistem perkarantinaan yang kuat. Hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepatuhan masyarakat terhadap perkarantinaan.