Polbangtan Kementan Perkuat Jejaring Alumni

Jumat, 30 September 2022, 18:30 WIB

AGRONET -- Alumni memiliki peranan penting dalam suatu perguruan tinggi, oleh karena itu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari memprakarsai kegiatan penguatan jejaring alumni bagi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) - Polbangtan Manokwari.

Melalui pertemuan tersebut, diharapkan para alumni mampu memberikan ide dan pemikiran strategis terhadap pembangunan pertanian dalam jangka panjang.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) percaya bahwa lulusan Polbangtan adalah lulusan terbaik yang disiapkan dengan ilmu pertanian.

“Seluruh alumni yang ada mampu menjadi pematik dalam mengembangkan diri menuju persaingan global,” ujar SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, alumni Polbangtan terus diarahkan memiliki kualitas diri yang mumpuni dibidang pertanian baik sebagai pencari kerja maupun pencipta lapangan pekerjaan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di kota Sorong, Papua Barat, menghadirkan setiap koordinator alumni dimasing-masing wilayah.

Tercatat Alumni yang hadir berasal dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Pertemuan alumni dalam rangka penyusunan AD/ART dan program Kerja Ikatan Keluarga Alumni (IKA) STPP-Polbangtan Manokwari. Serta pemilihan pengurus inti priode 2022/2025.

Hadir membuka Kegiatan, Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta menjelaskan bahwa salah satu penopang perguruan tinggi adalah alumni. Sehingga perlunya dibentuk IKA STPP-Polbangtan Manokwari.

“Dengan menguatkan jejaring ini, diharapkan regenerasi petani dapat dipercepat. Sebab Polbangtan Manokwari sebagai pabrik untuk menghasilkan petani milenial, harus mampu mendorong alumni untuk kembali kembali bertani,” Ujar Purwanta.

“Bertani dalam artian baik sebagai apratur maupun sebagai pelaku utama dalam hal ini petani yang keren karena alumni kita sudah dibekali pendidikan dan karakter,” tambahnya.

Purwanta juga berharap dengan melibatkan para alumni dapat menambah jumlah minat generasi milenial untuk masuk belajar ilmu pertanian di Polbangtan Manokwari.

Diakhir acara, terpilih 3 kandidat yang terpilih sebagai pengurus inti selama 3 tahun kedepan yaitu Ketua Thomas Kafiaga, Sekertari Yohanis Mandai, dan Bendahara Popy Latifah.

 

Sumber :

RILIS BPPSDMP - 30 September 2022
1364 HUMAS