Habibie Prize 2022

Minggu, 13 November 2022, 00:16 WIB

AGRONET -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menganugerahkan Habibie Prize 2022 kepada beberapa ilmuwan, di antaranya *Kepala Organisasi Riset Kebumian dan Maritim BRIN Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD.* Organisasi Riset (OR) Kebumian dan Maritim mewadahi 10 Pusat Riset (PR), yaitu 5 PR yang terkait dengan Kebumian, yaitu Kebencanaan Geologi, Sumber Daya Geologi, Iklim dan Atmosfer, Geospasial serta Limnologi dan Sumber Daya Air. Sedangkan 5 PR berkaitan dengan maritim, yaitu PR Oseanografi, Perikanan, Laut Dalam, Bio Industri Laut dan Darat, serta Konservasi Sumber Daya Laut dan Darat, demikian pemaparan Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. usai bincang-bincang jarak jauh dengan alumni Fakultas Biologi Unsoed. Purwokerto angkatan 1984 Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. pada hari Jum'at 11112022.

Jabatan Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. sebelum di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yakni Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI (14 September 2020 - 30 September 2021) dan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ristek Dikti (15 Juli 2015 - 13 September 2020).

Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. (Alumni S2 Department of Biology. McMaster University. Hamilton, Ontario, Canada) menjelaskan bahwa Habibie Prize merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh Yayasan SDM Iptek yang didirikan oleh alm. BJ.Habibie kepada mereka yang dinilai memiliki pengaruh dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Tanah Air.

Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. yang juga alumni alumni S3 Department Aquatic Biosciences. University of Tokyo, Tokyo, Japan mengatakan bahwa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menganugerahkan Habibie Prize 2022 kepada empat orang ilmuwan dari berbagai Universitas dan Lembaga yang meraih penghargaan Habibie Prize 2022. Mereka merupakan ilmuwan di bidang *Mikrobiologi Laut Dalam,* Kedokteran Gigi, Teknologi Informasi, dan Desain Komunikasi Visual. Adanya penghargaan tersebut diharapkan bisa memotivasi ilmuwan lainnya untuk terus berkarya dan memberikan inspirasi kepada generasi muda.


Mereka adalah drg.Ika Dewi Ana,PhD. dari Departemen Ilmu Biomedika Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof.Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. dari Organisasi Riset Kebumian dan Maritim, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof.Dr.Riri Fitri Sari,PhD. dari Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI); dan Naufan Noordyanto,S.Sn,MSn. dari Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Habibie Prize pada tahun 2022 menurut Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. dikelola oleh BRIN. Sebelumnya mulai 2021, Habibie Award berubah menjadi Habibie Prize sejak dikelola oleh Ristek BRIN pada tahun 2021.

Selanjutnya Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. menjelaskan bahwa pelaksanaan penganugerahan Habibie Prize dilakukan pada hari Kamis tanggal 10 November 2022 bertempat di Audiotorium Gedung BJ.Habibie BRIN. Para pemenang mendapatkan medali, sertifikat, dan hadiah uang sebesar US$ 25,000. Pemberian medali dilakukan oleh Kepala BRIN Dr.Laksana Tri Handoko,MSc. Sedangkan pemberian piagam dilakukan oleh Prof.Wardiman Djojonegoro dan hadiah uang oleh wakil keluarga BJ.Habibie, yaitu Ilham Habibie.

Prof.Ocky Karna Radjasa,PhD. menambahkan bahwa Habibie Prize merupakan penghargaan yang sangat bergengsi dan menerapkan kriteria yang sangat tinggi dan penilaian oleh dewan juri yang memiliki kepakaran dan integritas yang sangat tinggi.

 

Sumber :

Unsoed