Hutan Mangrove Tekan Emisi Karbon

Kamis, 17 November 2022, 17:30 WIB

Showcase Mangrove Ngurah Rai menjadi percontohan rehabilitasi mangrove di Indonesia | Sumber Foto:KLHK

AGRONET -- Presiden Jokowi menyampaikan betapa pentingnya mangrove kepada para pemimpin negara anggota G20 dan pimpinan organisasi internasional, dengan menanam mangrove saat rangkaian KTT G20 Indonesia di Tahura Ngurah Rai, Bali. (16/11).

Menteri LHK Siti Nurbaya yang mendampingi Presiden Jokowi, juga mengajak para delegasi melihat rumah produksi dan perkecambahan bibit mangrove.

Hal ini merupakan salah satu wujud upaya Indonesia dalam penanganan krisis iklim yang merupakan salah satu isu Presidensi G20 Indonesia.

Kementerian LHK telah menyiapkan showcase mangrove Indonesia, lokasi penanaman, serta rumah produksi dan perkecambahan bibit mangrove. Hal ini merupakan salah satu wujud upaya Indonesia untuk menekan emisi karbon, yang merupakan salah satu isu Presidensi G20 Indonesia.

Mangrove Indonesia menyumbang 20-25% ekosistem hutan mangrove dunia, dengan luasan 3,36 juta Ha.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Hutan Mangrove Ngurah Rai Bali menjadi lokasi yang dipilih Presiden Jokowi untuk diperlihatkan kepada para pemimpin negara G20, sebagai bentuk pentingnya ekosistem mangrove kepada dunia.

Showcase Mangrove Ngurah Rai menjadi percontohan rehabilitasi mangrove di Indonesia yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata, dan penguatan perekonomian. Pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan replikasi model rehabilitasi mangrove di provinsi lainnya.

 

 

 

Sumber :

KLHK