Fakultas Kehutanan USU Gelar Pelatihan GIS Dasar

Kamis, 19 Desember 2019, 12:59 WIB

Departemen KSH Fakultas Kehutanan USU menggelar Pelatihan Analisis Spasial Lingkungan dengan Perangkat Sistem Informasi Geografis (SIG), 14 dan 15 Desember 2019 di Ruang Studio Perencanaan Sekolah Pascasarjana USU. | Sumber Foto:Dok USU

AGRONET --  Dalam rangka pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang Konservasi Sumberdaya Hutan, Departemen Konservasi Sumaberdaya Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Pelatihan Analisis Spasial Lingkungan dengan Perangkat Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk kalangan mahasiswa dan umum.

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) saat ini sangat luas penggunaannya di berbagai bidang. Pada bidang akademik, hampir semua penelitian menggunakan tool (alat) GIS untuk mempertajam analisis dan mengambil kesimpulan. Di bidang pemerintahan GIS sangat membantu dalam merencanakan, mengorganisasikan serta mengevaluasi program dan sumberdaya yang dimiliki pemerintah baik tingkat pusat hingga daerah. Di bidang transportasi, GIS sangat familiar bagi pengguna transportasi online dan juga untuk manajemen transportasi khususnya di perkotaan. Di bidang politik, GIS banyak digunakan untuk pemetaan suara dan pemilih dalam ajang pemilihan umum maupun pemilhan kepala daerah. Untuk bidang kebencanaan, GIS sangat diburuhkan untuk membuat pemetaan dalam rangka penanggulngan bencana.

Pelatihan dilaksanakan 14  dan 15 Desember 2019 di Ruang Studio Perencanaan Sekolah Pascasarjana USU,  diikuti oleh 30 peserta dari berbagai latar belakang profesi dan bidang studi diantaranya dari Pertambangan, Pekerjaan Umum dan Perumahan, Manajemen Pelabuhan, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Kehutanan dan Sosial Ekonomi. Turut menjadi peserta adalah mahasiswa dari Universitas Panca Budi, Institut Teknologi Medan dan Universitas Sumatera Utara.

Materi pelatihan ini mencakup pengenalan tool ArcGIS 10.x, display data, editing dan update attribute table, georeferencing, digitizing, peggunaan GPS dan Google Earth serta layout peta. Pelatihan ini digelar  bekerja sama dengan Program Studi S2 Perencanaan Pembangunan Wilayah Perdesaan.

Penanggungjawab pelatihan yang juga Ketua Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan USU, Dr. Achmad Siddik Thoha, S.Hut, M.Si, menyatakan bahwa pelatihan ini digelar sebagai bentuk kontribusi USU untuk meningkatkan kualitas kerja dan pengambilan keputusan bagi mahasiswa dan masyarakat umum dalam bebagai bidang dengan menggunakan perangkat SIG.

Berikutnya, pelatihan akan digelar secara berkala  dua bulan sekali. Terbuka untuk mahasiswa dan umum. Pelatihan diisi oleh pemateri yang berpengalaman.(234)