500 Petani Peternak Memperoleh Kuliah Gratis dari Fapet UGM

Kamis, 18 Maret 2021, 12:07 WIB

“Program kuliah gratis Bagimu Petani Kami Mengabdi dilaksanakan di bawah Pusat Kajian Pembangunan Peternakan Fapet UGM. | Sumber Foto:Dok Humas UGM

AGRONET -- Fakultas Peternakan UGM memulai Kuliah Gratis Bagimu Petani Kami Mengabdi Periode 7 pada Jumat (5/3) secara daring. Jumlah pendaftar mencapai 3.000 peserta, jauh melebihi kuota platform yang digunakan sejumlah 500 peserta. Secara teknis kuota telah penuh, pendaftar yang tidak mendapatkan kuota otomatis berada di waiting list atau mengikuti periode ke-8.

Kuliah perdana pada saat pembukaan dihadiri oleh 183 peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Tanah Datar Sumatera Barat, Deli Serdang Sumatera Utara, Bogor, Bandung, Blora, Balikpapan, Papua, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta, Banten, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

“Program kuliah gratis Bagimu Petani Kami Mengabdi dilaksanakan di bawah Pusat Kajian Pembangunan Peternakan Fapet UGM yang ditujukan untuk berbagi ilmu dan teknologi,” ujar Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN. Eng ketika membuka acara kuliah perdana.

Kuliah Bagimu Kami Mengabdi atau lebih di kenal sebagai Kuliah Gratis ini adalah perwujudan dedikasi dan kepedulian Fakultas Peternakan UGM kepada petani-peternak Indonesia. Oleh karena itu, peserta kuliah ini juga berasal dari berbagai penjuru negeri.

“Kami sangat ingin memfasilitasi dan mendukung edukasi peternak menuju kemajuan peternakan Indonesia. Jika ada peserta yang belum bisa mengikuti periode kali ini jangan berkecil hati karena kami akan selalu ada pada setiap tahun, dengan lebih dari satu periode perkuliahan,” ujar Ali Agus.

Ali Agus menambahkan, pada kesempatan kali ini peserta kuliah tidak dapat berinteraksi langsung karena adanya pandemi sehingga jejaring tidak dapat berkembang luas seperti ketika kuliah dilaksanakan secara tatap muka langsung.

“Para alumni kuliah gratis diwadahi forum untuk berbagi informasi. Hikmah dari acara ini adalah dapat dilanjutkan ke hal-hal yang bersifat teknis. Para peserta dari angkatan sebelumnya bahkan membentuk koperasi,” ujar Ali Agus.

Selain dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, kuliah gratis juga ditayangkan di YouTube Fakultas Peternakan. (234/Humas Fapet)