Alumni Fapet UGM Berikan Bantuan Protein Hewani Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Minggu, 08 Agustus 2021, 19:54 WIB

Keluarga Alumni Fakultas Peternakan UGM (Kapgama) melaksanakan kegiatan Kapgama Beramal dan Peduli Covid-19 pada Jumat, 6 Agustus 2021. | Sumber Foto:Dok Humas Fapet UGM

AGRONET -- Keluarga Alumni Fakultas Peternakan UGM (Kapgama) melaksanakan kegiatan Kapgama Beramal dan Peduli Covid-19 pada Jumat, 6 Agustus 2021. Kegiatan ini berupa pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya tenaga kesehatan, mahasiswa, dan keluarga dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Peternakan UGM.

Selain Kapgama, donatur yang turut ambil bagian dalam kegiatan amal ini adalah PT Ciomas Adisatwa dan PT So Good Food (Japfa Group), PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk, dan Persatuan Orang Tua Mahasiswa (POTMA) Fakultas Peternakan. Bantuan yang diberikan berupa daging ayam, telur, dan susu.

“stakeholder peternakan, yaitu dosen, mahasiswa, pelaku industri, dan sebagainya sangat prihatin dengan kondisi masyarakat yang terdampak Covid-19 terutama tenaga kesehatan.” Ujar Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN. Eng ketika memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan.

Ali menambahkan, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, Kapgama perlu berbagi meringankan beban masyarakat termasuk yang sedang melakukan isolasi mandiri dengan produk-produk peternakan yang berkualitas yang dapat meningkatkan kebugaran/imunitas. Menurut beberapa jurnal internasional, salah satu cara mengurangi fatalitas penderita Covid-19 adalah dengan meningkatkan konsumsi protein, khususnya albumin yang terdapat pada telur. Telur merupakan pangan yang mudah ditemukan dan mudah diolah serta murah.

“Kegiatan amal ini bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia yang identik dengan perjuangan. Kapgama beramal merupakan salah satu bentuk perjuangan dari Fakultas Peternakan UGM untuk bergotong royong membantu masyarakat terdampak Covid-19,” kata Ali.

Wakil dari Keluarga Alumni Fakultas Peternakan UGM, Ir. Bambang Suwignyo, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM. ASEAN. Eng mengatakan, kegiatan ini merupakan kepedulian Kapgama dalam menangani Covid-19. Ini merupakan semangat gotong royong yang telah terbentuk sejak di bangku kuliah.

“Di masa pandemi ini, Kapgama telah melakukan kegiatan amal sebanyak empat kali. Periode pertama, kedua, dan ketiga dilaksanakan pada 2020, dan periode keempat dilaksanakan pada 2021 dengan penerima bantuan mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen, dan tenaga kesehatan,” ungkap Bambang.

Bantuan untuk tenaga kesehatan disalurkan kepada Rumah Sakit Akademik UGM (diwakili oleh Direktur dan SDM Rumah Sakit Akademik UGM, apt. Ika Puspitasari, M.Si., Ph.D), Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19 UGM (diwakili Direktur Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19 UGM, dr. Tunggul Birowo), dan Satgas Covid-19 UGM yang dipusatkan di Gadjah Mada Medical Center (diwakili oleh Koordinator Satgas Covid-19  UGM, Dr. dr. Rustamaji, M.Kes).

Bambang menambahkan, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan penanganan Covid-19 yang berisiko tinggi tertular virus Covid-19. Untuk itu, Kapgama berpikir untuk memberikan makanan yang berpotensi meningkatkan imunitas. Dengan memberikan suplai makanan yang meningkatkan imun, sama dengan turut menanggulangi Covid-19.

Plan Manager RPA Sleman PT Ciomas Japfa Group, drh. Dody Agung Prasetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi Japfa kepada masyarakat terutama tenaga kesehatan ataupun yang sedang melakukan isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit. Dody berharap semoga bantuan ini dapat berkontribusi untuk tenaga kesehatan agar terus semangat dan bermanfaat meningkatkan imunitas. (Humas Fapet.Nadia//234)