Tanamkan Jiwa Enterpreneur Bagi Mahasiswa, Polbangtan Kementan Bekali Bimtek Kewirausahaan

Minggu, 14 Agustus 2022, 12:28 WIB

Bimtek Kewirausahaan Polbangtan Manokwari | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Enterprenur bukan hanya membuka lapangan perkejaan namun juga panggilan jika untuk bersama membangun negeri.  Kementerian Pertanian (Kementan) kian serius dalam menciptakan wirausaha pertanian bagi kalangan pemuda. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, masa depan pertanian ada di anak-anak muda, di generasi milenial.

“Untuk itu, kita selalu berupaya agar banyak generasi milenial turun ke sektor pertanian.
Karena merekalah penerus pembangunan pertanian, ditangan milenial tanggung jawab ini berada. Maka, jangan takut menjadi petani dan wirausaha muda dibidang pertanian,” ujar SYL.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan pertanian itu seksi."Karena, banyak sektor usaha yang bisa dikerjakan dan dimanfaatkan. Sehingga peluang-peluang tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial," kata Dedi

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menumbuhkan jiwa wirausaha bagi kalangan anak muda yaitu Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari mengadakan bimbingan teknis kewirausahaan bagi mahasiswa.

Hal tersebut dilakukan untuk membekali mahasiswa untuk terjun langsung membangun pertanian dengan melakukan berbagai inovasi dan berwirausaha pertanian.

Bimtek yang digelar diikuti oleh peserta penerima dana hibah dari kementan yang terdiri dari 10 kelompok wirausaha yang telah lulus seleksi. Setiap kelompok terdiri dari 4 orang yang merupakan mahasiswa tingkat I.

Wakil Direktur III, Susan Carolina Labatar menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Bimtek Kewirausahaan yaitu untuk menumbuhkan karakter dan jiwa Enterpreneur bagi mahasiswa tingkat I. Sehingga mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu dalam sebuah kelompok usaha.

“Pada tahun ini terpilih 10 kelompok yang telah lulus tahap seleksi untuk mengembangkan sebuah usaha dibidang pertanian, peternakan dan pengolahan hasil,” ungkap Susan.

10 kelompok Wirausaha akan mendapatkan bimbingan langsung dari 10 mentor yang kompeten, terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan Polbangtan Manokwari.

Susan menambahkan bahwa melalui wirausaha mahasiswa akan belajar banyak hal dengan mendapat panduan buku Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) pembuatan bussiness plan.

“Selain itu, juga akan belajar tentang pengelolaan keuangan dan kerja sama antar anggota kelompok dalam menganalisa dengan baik jenis usaha dan keuangan yang akan membawa keuntungan finansial,” tambah Susan

Pada Bimtek yang digelar menghadirkan 2 narasumber dari Universitas Papua. Dr.Ir. Umi Yuminarti, M.P hadir memotivasi mahasiswa untuk menumbuhkan minat dan motivasi wirausaha serta mengetahui etika bisnis dan penyusunan rencana bisnis. Sementara Agatha W. Widati mengajarkan tentang pengadaan dan penggunaan modal serta memberikan teknik strategi bussiness plan dan marketing plan.

 

Sumber :

RILIS BPPSDMP - 14 Agustus 2022
1113 HUMAS