Unsoed Gandeng Industri di Lampung Sukseskan Program MBKM

Minggu, 04 Desember 2022, 12:42 WIB

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. beserta rombongan meninjau aktifitas panen nanas didampingi Ir.Supriyono Loekito,MTA. (Associate Director Fresh Pine and Other Fresh Fruit, PT.Great Giant Pineapple/GGP) dan staf PT. GGP alumni Unsoed. | Sumber Foto:Unsoed

AGRONET -- Kampus Merdeka (KM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar (MB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Tuntutan masyarakat terkait kualitas pendidikan tinggi semakin meningkat. Oleh karena itu semakin memaksimalkan peluang MBKM untuk menjalin pertemuan dengan pelaku agroindustri di Lampung.

Berkenaan dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang wajib menghubungkan kurikulum belajar contohnya pada perkembangan agroindustri terkini serta dalam rangka mewujudkan kerja sama antara Perguruan Tinggi dan Mita Strategis Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. dan Wakil Rektor Unsoed Kunjungan Kerja di Lampung pada hari Jum'at 02 Desember 2022.

Pada hari ini Minggu 04 Desember 2022 dari hasil bincang-bincang dengan 2 (dua) alumni Unsoed yakni alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 2011 Zaid Al Khoir,SPt. dan Ir.Supriyono Loekito,MTA. (Alumni Fakultas Pertanian Unsoed angkatan 1981).  Zaid Al Khoir,SPt., PT.Japfa Comfeed Indonesia Poultry Breeding Division Bagian Marketing DOC Wilayah Lampung mengatakan bahwa kunjungan kerja Rektor Unsoed di Lampung, disambut alumni Unsoed dari berbagai fakultas yang ada di Lampung. Selain alumni dari Fakultas Peternakan Unsoed, di antaranya Ir.Lili Mawarti,M.Si. selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Soegiri,SPt.,MSi. (Ketua Keluarga Alumni Unsoed Lampung), dan Arsyad Isya yang juga alumni dari Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Biologi, serta FISIP Unsoed.

Kedatangan Rektor Unsoed ke Lampung mengunjungi perusahaan-perusahaan yang ada di Lampung, di bidang Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan.  Selanjutnya Ir.Supriyono Loekito,MTA. (Associate Director Fresh Pine and Other Fresh Fruit, PT.Great Giant Pineapple) menjelaskan bahwa Kunjungan Kerja Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir.Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. ke Lampung, pertama ke PT.Great Giant Pineapple (GGP).

Lampung menjadi salah satu penghasil nanas olahan terbesar di dunia. Kedua, kunjungan ke PT. Great Giant Livestock (GGL) yakni salah satu feedlot terbesar di Indonesia yang menggunakan kulit nanas limbah pabrik sebagai sumber serat komponen pakan sapi. Ketiga meninjau Dairy Farm PT. GGL yang merupakan Dairy Farm di Low Land (dataran rendah 46 m di atas permukaan laut) pertama di Indonesia.

Kunjungan keempat di dilanjutkan ke feedlot PT.KASA (Karunia Alam Sentosa Abadi) yang memanfaatkan sumber pakan serat dari tebon jagung (jagung di panen muda dan selanjutnya daun beserta jagungnya dicacah) hasil kemitraan dengan petani jagung sekitar. Sedangkan Follow up dari MoU kaitannya dengan kampus merdeka, magang, praktek mahasiswa, dan kerjasama penelitian dengan PT. GGP masih terus berlanjut hingga berarkhir masa berlaku MoU pada tahun 2024 dan dapat diperpanjang.