Polbangtan Kementan Perkuat Diseminasi Jurnal Ilmiah

Kamis, 12 Oktober 2023, 10:05 WIB

Workshop Persiapan Desiminasi | Sumber Foto:Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Populasi dunia yang terus tumbuh, serta tantangan perubahan iklim yang semakin tidak menentu, menjadikan riset pertanian bagian integral untuk mendukung kemajuan sektor pertanian, melalui pengembangan inovasi dan teknologi.

Hasil riset menjadi salah satu faktor penting untuk terus memastikan ketersediaan pangan, keberlanjutan pertanian, dan peningkatan kualitas hidup bagi banyak orang di seluruh dunia.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan, bahwa pertanian diera modern tidak dapat terlepas dari penerapan hasil penelitian. Untuk itu berbagai hasil penelitian diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pertanian.

“Tenaga pendidik (dosen) Politeknik Kementerian Pertanian dituntut untuk berinovasi agar melahirkan inovasi teknologi pertanian yang dapat diaplikasikan melalui pengabdian kepada masyarakat”, sebut Dedi.

Mendukung hal tersebut Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari terus berupaya dalam menjamin peningkatan kualitas hasil riset yang dilakukan oleh setiap dosen.

Agar riset yang dilakukan memiliki dampak bagi masyarakat, Polbangtan Manokwari menggelar Workshop Penyiapan Bahan Diseminasi yang berlangsung secara luring di ruang rapat, Rabu (11/10/2023).

Diseminasi menjadi hal penting untuk memastikan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat maksimal dan menjadi bagian dari kontribusi ilmiah pertanian secara luas.

Kegiatan tersebut menghadirkan 3 narasumber hebat yaitu, Guru Besar Universitas Hasanuddin Prof. Muhammad Arsyad, Kepala Pusat Publikasi dan Pengembangan Jurnal, Universitas Sulawesi Barat Muhammad Aswad, dan Kepala Perpustakaan Universitas Papua Rima Herlina Setiawati Siburian.

Workshop diselenggarakan untuk memacu para dosen untuk melakukan trobosan baru melalui jurnal ilmiah yang dihasilkan melalui hasil riset.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta menjelaskan saat ini terdapat 3 wadah publikasi ilmiah diantaranya Jurnal Triton, JoSAE, dan Prosiding.

“Jurnal Triton sudah terakreditasi sinta 3 semetara JoSEA jurnal baru yang diharapkan segera terakreditasi,” jelas Purwanta.

“kegiatan hari ini, selain dalam rangka pengembangan ke 3 media publikasi internal kita, tentu diharapkan hasil penelitian dosen bisa terus diupgrade. Karena dosen salah satu tugasnya yaitu dibidang darma penelitian dengan salah satu unsurnya yaitu publikasi,” tambahnya.

Terakhir Purwanta menyebutkan, kehadiran 3 narasumber tentu untuk melakukan pendampingan khusus sampai tulisan yang dihasilkan bisa sampai terbit ke Scopus dan media publikasi Polbangtan Manokwari dapat terus berkembang dan terakreditasi.

 

Sumber :

BPPSDMP Kementan