Bengkalis UMKM Community, Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Rabu, 20 Januari 2021, 09:24 WIB

Bengkalis UMKM Community | Sumber Foto:Dok Bengkalis go id

AGRONET -- Bengkalis UMKM Community yang resmi dikukuhkan oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis Masuri,S.H pada 11 Januari 2021 lalu membuka Outlet pusat oleh-oleh khas Bengkalis, Cemilan makanan ringan, Cake dan Bakery. 

Evi Susiana. SE. Sy ketua Bengkalis UMKM Community mengatakan untuk saat ini outlet dibuka di Jalan Sri Pulau Nomor 132 atau tepatnya di kantor Kadin Bengkalis. "Alhamdulillah kita mulai hari ini sudah membuka outlet, dan disini banyak para pelaku ekonomi dari usaha mikro, Kecil dan menengah (UMKM) yang mengantar ke outlet kita," katanya, usai coffe morning Senin,(11/1/2021). 

Selain penjualan langsung di outlet Bengkalis UMKM Community, pihaknya juga memasarkan melalui situs online Soodu.id yang digagas oleh putra Bengkalis. Di soodu.id telah tergabung 200 san UMKM.

Ketua kerukunan usahawan kecil menengah Indonesia (KUKMI) Kabupaten Bengkalis M.Ihsan yang turut hadir menyebutkan bahwa KUKMI mendorong pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Bengkalis dengan cara bekerjasama dengan dinas terkait.

BERITA TERKAIT

"Usaha mikro penyumbang negara terbesar sehingga 90% LBH, juga penyumbang tenaga kerja terbesar hampir 50?n ini menandakan bahwa kita perlu mendorong UMKM yang ada di daerah, sedangkan hampir 74% pelaku UMKM butuh sentuhan dari pemerintah,"katanya.

KUKMI mendorong agar dinas terkait untuk saling berkoordinasi untuk mengembang UMKM yang ada di daerah, KUKMI juga mengusulkan agar mengoptimalisasi rumah kemasan agar produk-produk yang dilahirkan oleh UMKM berstandar dan bisa dipasarkan di dunia pasar yang lebih luas. "Kita tidak boleh bergantung terhadap APBD semata,.dan harus cari pendapatan lain melalui optimalisasi UMKM di daerah,"kata M.Ihsan.

Usai coffee morning dilakukan penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Kadin dengan Bengkalis UMKM Community, Kadin dengan Soodu.id dan Bengkalis UMKM Community dengan soodu.id.

Sementara itu Ketua Kadin Bengkalis Masuri, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa Kadin merupakan wadah untuk membina, mengembangkan kemampuan serta menciptakan lapangan usaha kepada masyarakat.

Kadin memiliki peran penuh dalam pengembangan perekonomian masyarakat. Kadin juga telah membuktikan perannya melalui keikutsertaan pelaku UMKM yang mendaftarkan produk unggulannya di Kadin Bengkalis. Tidak hanya itu, Kadin Bengkalis juga memasarkan produknya melalui aplikasi online Soodu.id.

"Kami harapkan melalui sistem online ini pengusaha mikro dan kecil menengah mampu melakukan pemasaran melalui pasar online yang saat ini sedang boomingnya di dunia industri," ungkap Masuri.(234)

BERITA TERKAIT