HIMITEPA Fakultas Teknologi Pertanian IPB Sahabat Sekolah

Kamis, 22 Juli 2021, 11:47 WIB

Sahabat Sekolah | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMITEPA) dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB University punya program keren bernama 'Sahabat Sekolah'. Aksi baik ini sejatinya merupakan program kerja yang menaungi bidang pendidikan serta sosial.

Sahabat Sekolah merupakan kegiatan pengabdian pada bidang pendidikan. Program tersebut dilakukan melalui program pengajaran kepada anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah dasar (SD). Enggak hanya itu, program ini juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk membantu anak-anak yang membutuhkan bantuan melalui Donasi Sosial Sahabat Sekolah.

Setiap tahunnya, Sahabat Sekolah rutin mengadakan pengajaran pada sekolah yang bertempat di daerah Bogor. Namun sayangnya, dalam suasana pandemi COVID-19, kegiatan pengajaran akhirnya dilakukan secara daring.

Tahun ini, Sahabat Sekolah bekerja sama dengan Desa Bojong Rangkas, Kabupaten Bogor dan Kelurahan Kedung Badak, Kota Bogor. Kegiatan pengajaran dilakukan secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp. Adapun materi yang dibawakan adalah gizi seimbang pada tubuh anak.

"Materi diberikan menggunakan video animasi yang dikemas secara kreatif dan menarik, sehingga anak-anak tidak bosan dalam belajar dan bisa terhibur," ujar Filza, salah satu tim Sahabat Sekolah yang juga mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB University.

Ia mengaku, anak-anak antusias dan dapat mengikuti kegiatan belajar secara baik. Ia juga menyebut, para peserta bersemangat dalam menjawab pertanyaan maupun permainan yang diberikan.

Program ini pertama kali digelar secara daring pada 2020. Apalagi alasannya kalau bukan merebaknya wabah virus korona di Indonesia. Sebelum bergeser menjadi acara daring, Sahabat Sekolah biasanya dilakukan di area terbuka dengan aneka ragam kegiatan luar lapangan yang seru.

Pada edisi sebelumnya, program ini mengangkat beberapa tema antara lain Sahabat Pedagang, Sahabat Sekolah, Sahabat Desa dan Peringatan Hari Pangan Sedunia. Pada masa peralihan dari medium luring menuju daring, mereka coba menyampaikan materi pembelajaran dalam format video.

Wujud kontribusi tersebut diantaranya dengan memberikan edukasi berbentuk video pembelajaran kreatif untuk siswa-siswi TK berkaitan dengan pola hidup sehat selama masa pandemi dan jajanan sehat. Program ini menggandeng TK Dharma Wanita Persatuan, Lampung Selatan.

Video pembelajaran tersebut berisikan edukasi mengenai pangan yang bergizi, beragam dan berimbang serta perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa TK. Kegiatan yang dilakukan adalah menyampaikan materi mengenai cuci tangan yang baik dan benar, jajanan sehat dan tutorial membuat salah satu jajanan sehat melalui video yang dikirimkan ke grup WhatsApp.

Tidak hanya materi seputar pendidikan dan sosial saja, program Sahabat Sekolah edisi 2021 juga memberikan beberapa bingkisan khusus bagi daerah yang mereka rangkul. Mantap ya.

Muhammad Aushol Amri menjelaskan, Sahabat Sekolah mengirimkan hadiah berupa bingkisan alat tulis kepada anak-anak yang terpilih karena sudah berusaha dan mampu menjawab pertanyaan pengajar dengan benar. Tidak hanya itu, alat-alat protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer serta snack anak juga diberikan kepada semua peserta agar mereka tetap ingat untuk selalu menjaga kesehatan dan patuh pada aturan protokol kesehatan.

"Kami berharap dengan adanya pengajaran ini, anak-anak mampu memahami pentingnya keberagaman dan keseimbangan gizi pada tubuh dan mampu menerapkan nilai-nilai positif pada kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Selain itu, katanya, kegiatan pengajaran ini dapat meyakinkan mereka bahwa pembelajaran secara daring tetap bisa menyenangkan. Jadi, tidak membosankan maupun menyulitkan anak-anak yang belajar.(234)

BERITA TERKAIT