Asosiasi Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia Gelar Klinik Penulisan Proposal Terapan

Sabtu, 21 Agustus 2021, 19:18 WIB

Paparan Klinik Penulisan Proposal Terapan | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Pertanian merupakan sektor sangat penting dalam ekonomi Indonesia. Sektor ini menjadi sektor yang masih tumbuh positif ditengah pandemi covid-19.  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menyebutkan, “Kementerin Pertanian memiliki tugas menyediakan pangan bagi 273 juta pertani tentunya dengan keterlibatan berbagai pihak.”

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi penting.  Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi terus mengencarkan peran Komando Strategis Pertanian Indonesia (Kostratani).  “Bukan sekedar memperbaiki gedung Balai Penyuluhan Pertanian, Kostratani juga berperan dalam meningkatkan mutu SDM Pertanian,” sebut Dedi.

Para insan pertanian juga diwajibkan untuk saling berkolaborasi dengan melibatkan petani dan penyuluh.  Langkah ini diambil oleh Wakil Ketua Kegiatan Klinik Penulisan Proposal Terapan, Afriansyah.  “Kami mengajak seluruh dosen dari berbagai bidang ilmu untuk mengikuti kegiatan ini yang dikaitkan dengan pengabidan kepada masyarakat.”

Cipta Talenta Eksponensial (CTE Corp) yang merupakan lembaga bisnis sosial (social enterprise) yang bergerak di bidang penelitian, pelatihan, asesmen, dan konsultasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia kerjasama dengan ADPI (Asosiasi Dosen PkM Indonesia) menggelar pelatihan pada Kamis 18 Agustus hingga Jumat, 19 Agustus 2021 secara virtual. 

Pembicara handal dihadirkan seperti Yosa Novia Dewi dan Yulya Srinovita.  Yosa yang sedang menempuh pendidikan Doctoral by Research di Universitas Negeri Padang, lolos dalam seleksi hibah bersaing pada Penelitian Dosen Pemula (PDP), Stranas, Insinas, Terapan, Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dan Rispro LPDP sejak 2017 hingga saat ini.

Bekal pengalaman inilah yang dibagikan dalam kegiatan Klinik Penulisan Proposal.  Sementara Yulya, merupakan CEO CTE Corp yang saat ini sedang menempuh pendidikan Magister di Universitas Negeri Padang memeaparkan menjadi mitra CTE Corp untuk pengajuan penelitian hibah bersaing Kemendikbud-Ristek.

Lebih lanjut Afriansyah menyebutkan, “Dengan berjalannya kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalisme dosen, khususnya yang tergabung dalam Asosiasi Dosen PkM Indonesia.”  Peran aktif dosen khususnya dosen pertanian diharapkan mampu terus menghasilkan karya untuk Indonesia melalui penelitia-penelitian terapan. (269)