Yuk Gabung dengan Talentani, Komunitas Aparatur Muda Milenial Pertanian

Minggu, 31 Oktober 2021, 21:09 WIB

Talentani, Komunitas Aparatur Muda Milenial Pertanian | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Awal Oktober lalu, Aparatur Muda Milenial Pertanian me-launcing sebuah komunitas yang diberi nama Talentani. Talentani “Connecting Talent for Agriculture” menjadi jargon komunitas tersebut. Talentani sendiri bermakna Talenta Pertanian, akronim dari Aparatur Muda Milenial Pertanian.

Komunitas ini dibentuk lantaran melihat potensi Aparatur Muda Milenial Pertanian yang berjumlah besar, agile, dan adaptif dengan teknologi informasi jika terjalin kolaborasi akan menghasilkan sesuatu yang lebih bermakna. Ketua Pegiat Talentani, Aji Kurnia menyebutkan, “Menjadi media komunikasi digital aparatur muda milenial pertanian yang konstruktif dan kolaboratif dalam melakukan diseminasi informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta literasi pertanian merupakan visi dari Talentani.” Terdiri dari Divisi Diseminasi, Event, dan Publikasi; Divisi Literasi; Divisi Kerja Sama dan Bakti Tani, Talentani terus melakukan berbagai kegiatan.

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Talentani atau Komunitas Aparatur Muda Milenial Pertanian mengelar kegiatan #AGRIInspirasi atau ASN Agricultural Inspiratif dan Berprestasi. Kegiatan yang diadakan pada Minggu (31/10) mengangkat tema : “Memberi Kontribusi Tebaik untuk Indonesia Lebih Baik : Kiat Sukses ASN Pertanian Berprestasi.” Penggiat Talentai dari Aceh hingga Papua ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung dengan memanfaatkan akun instagram official mendapat respon positif dari para pengiat. Evrina Budiastuti, Penyuluh Pertanian Teladan Nasional Tahun 2019 berkesempatan berbagi pengalaman pada kesempatan tersebut. Dimoderatori oleh Trianita Kurniati, kegiatan menjadi lebih berwarna.

BERITA TERKAIT

Evrina berbagi pengalamannya dalam menjalankan tugas sebagai Aparatur Muda Pertanian. Sempat ia pun menjadi amat terharu lantaran mengingat perjuangan Ketua Kelompok Tani yang mati-matian menjual produknya. Perjuangannya hingga meraih Penyuluh Teladan pun dikupas tuntas. Dari sana Evrina belum merasa puas, ia masih ingin membuat rumah toko yang mampu menampung produk dari petani binaannya. Selain itu ia juga masih ingin mendalami pertanian, agar ketahanan pangan keluarga dapat terwujudkan minimal dari pekarangan rumah.

Berbincang dengan Evrina di media sosial merupakan kegiatan ketiga yang diadakan oleh Talentani, sebelumnya telah diadakan Webinar bertemakan "Tips for Writing Scientific Articles". Serta dalam rangka memeriahkan World Food Day 2021, Talentani kembali mengelar webinar “We Can All Become Food Heroes”. Ke depan masih banyak lagi kegiatan yang akan dilaksanakan para pegiat Talentani. Biar nggak ketinggalan keseruannya mari bergabung melalui Link registrasi : http://bit.ly/RekrutmenTalenTani. (269)

BERITA TERKAIT