Pupuk Kaltim Edukasi Petani Muara Badak

Sabtu, 02 November 2019, 20:16 WIB

Pupuk Kaltim bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim menyelenggarakan pelatihan holtikultura dan pemupukan di Muara Badak selama 2 hari (28-29/10/2019). | Sumber Foto:Humas PKT

AGRONET --  PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur (BPTP Kaltim), pada Senin (28/10/2019) menggelar Pelatihan Hortikultura dan Pemupukan bagi Mitra Binaan di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelatihan Hortikultura dan Pemupukan yang dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dusun Badak Makmur, Desa Muara Badak tersebut, diikuti oleh 30 petani mitra binaan Pupuk kaltim.

General Manager Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid  dalam sambutannya, menjelaskan alasan ditunjuknya Muara Badak sebagai tempat Pelatihan Hortikultura dan Pemupukan karena di wilayah tersebut banyak terdapat Mitra Binaan Pupuk Kaltim.

Selain itu, petani di Kecamatan Muara Badak dinilai sangat membutuhkan cara bertani yang baik dan benar dengan menggunakan pupuk yang tepat. Ditambahkan Nur Sahid, hingga saat ini Pupuk Kaltim telah sering menggelar pelatihan tetapi dilaksanakan di luar Kota Bontang.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan, dengan tujuan untuk mengenalkan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat, dan untuk memasarkan produk-produk Pupuk Kaltim,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Cantri Winarti, menyampaikan bahwa kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari tersebut merupakan wujud kepedulian Pupuk Kaltim, untuk terus memberikan program pendidikan pertanian bagi mitra binaannya.

“Saya berharap, peserta pelatihan ini dapat memahami secara teoritis maupun praktis, mengenai metode penanaman hortikultura yang baik, memahami penggunaan pupuk yang sesuai dengan tanaman hortikultura, dan mampu memahami metode perawatan,” jelasnya.

“Dengan adanya pelatihan ini, kami dapat mentransfer ilmu tentang inovasi teknologi pertanian kepada masyarakat” ungkapnya lebih lanjut.

Dalam pelatihan tersebut, peserta pelatihan mendapatkan beberapa materi pelatihan. Diantaranya pengenalan tanaman hortikultura dan tanaman sawit, budidaya tanaman hortikultura dan tanaman sawit, metode penanaman dan perawatan tanaman hortikultura dan tanaman sawit, serta metode penggunaan pupuk pada hortikultura dan tanaman sawit.(234)