PT.Alamanda Ekspor Sayur Asal Jawa Barat ke Sejumlah Negara Asia

Minggu, 12 Januari 2020, 20:32 WIB

PT. Alamanda Sejati Utama, perusahaan pertanian swasta Indonesia yang menjual dan mengekspor sayuran, buah-buahan dan bunga secara aktif ke negara-negara di dunia, | Sumber Foto:Dok Alamanda

AGRONET --   PT. Alamanda Sejati Utama, perusahaan pertanian swasta Indonesia yang menjual dan mengekspor sayuran, buah-buahan dan bunga secara aktif ke negara-negara di dunia,  melepas ekspor sayur dan umbi  ke sejumlah negara  Asia  antara lain Singapura, Tiongkok, Hongkong dan Korea Selatan.

Pelepasan ekspor sayur mayur dilaksanakan  Sabtu (11/1) dari Banjaran, Kabupaten Bandung yang dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Saat melepas ekspor tersebut, mentan SYL menyatakan, " Nilai transaksi yang dihasilkan dalam lalu lintas ekspor tersebut mencapai 4,17 milyar. Ini merupakan bukti bahwa mengelola pertanian itu tidak ada ruginya. Apalagi Tuhan telah menitipkan alam yang luar biasa bagus kepada bangsa Indonesia."

Syahrul berharap Jawa Barat melalui PT Alamanda mampu menjadi pionir dan lokomotif Gerakan Tiga Kali Ekspor (Geratieks) sebagai upaya pemerintah dalam mengembalikan kejayaan dan kebangkitan pertanian Indonesia. "Dan inilah kita hari ini. Saya berharap Bandung menjadi lokasi pertanian terbaik yang menyediakan segala macam komoditas baik untuk lokal maupun ekspor," katanya.

Direktur PT Alamanda Sejati Utama, Komar Muljawibawa menyampaikan terima kasih atas kehadiran Mentan Syahrul di area kerjanya. Dia berharap kedatangan Mentan mampu memberi motivasi kepada ribuan karyawannya untuk tetap melakukan produksi. "Yang pasti, kami ingin kegiatan ekspor di PT Alamanda menjadi titik kebangkitan ekspor di 2020," katanya.

Dalam kesempatan ini, Komar juga menyambut ajakan Mentan untuk meningkatkan ekspor sebanyak tiga kali lipat. Kata dia, program ini merupakan program kongkrit karena mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. "Dengan terjun langsung seperti sekarang ini, saya menjadi lebih yakin kita memiliki semangat yang sama. Saya percaya gerakan tiga kali lipat ekspor akan menjadi kebanggaan bagi kita sebagai insan pertanian," tukasnya.

Sekedar diketahui, eksportasi sayur dan buah asal Jawa Barat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tercatat ekspor sayur mayur di 2018 hanya sebesar 996.2 ton dengan nilai Rp. 66,1 miliar. Sedangkan di tahun 2019 dari data sertifikasi karantina, eksportasi saat itu tercatat 2.636 ton dengan nilai transaksi sebesar Rp. 80,5 miliar

PT Alamanda Sejati Utama  yang didirikan di Jakarta di 2002,  telah menerapkan Cold Chain Management sebagai standar kualitas perawatan untuk masing-masing barang yang diproduksi, mulai dari ladang perkebunan hingga gudang dan ke pelabuhan keberangkatan. 

PT Alamanda Sejati Utama   memiliki armada truk berpendingin dan penyimpanan dingin yang bisa menjaga lebih dari 300 ton / hari sayuran dan buah-buahan.

Produk PT Alamanda Sejati Utama  adalah sayuran segar, buah-buahan, dan jasmines pilihan terbaik dari Indonesia. Bekerja dengan banyak petani terlatih dan terdidik yang memahami produk standar mutu ekspor. .(234)