Medco Papua Hijau Selaras Dukung Gratieks Pertanian

Kamis, 13 Pebruari 2020, 20:13 WIB

Manajemen PT. Medco Papua Hijau Selatan Papua Barat bersama Pimpinan UPT Kementan | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT. Medco Papua Hijau Selaras di Papua Barat mendukung Gerakan Tiga Kali Ekspor atau Gratieks yang digagas oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dukungan itu dalam bentuk kontinuitas produksi crude palm oil atau CPO dan kernel.

Hal itu disampaikan Manajer Produksi Medco Papua Barat, Ricardo, saat pertemuan koordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian (Kementan) wilayah Papua Barat, di Kantor Medco, Distrik Sidey, Manokwari, Papua Barat, Kamis (13/2).

UPT Kementan wilayah Papua Barat, yang hadir dalam pertemuan itu,  antara lain Pimpinan Politeknik Pembangunan Petanian Manokwari, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat, serta Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Manokwari.

Ricardo menambahkan program Gratieks menjadi tantangan tersendiri bagi Medco. Mengingat saat ini perusahaanya belum secara langsung melakukan ekspor. Hal ini terkait dengan kapasitas produksi dan persyaratan pelabuhan. Saat ini hasil produksi CPO dan kernel Medco Papua Barat baru didistribusikan ke Surabaya dan Bitung.

Medco memiliki lahan seluas 20 ribu hektare yang mencakup Distrik Masni hingga Distrik Sidey, Manokwari. Medco menerapkan sistem inti plasma. Dengan adanya program ini, penghasilan petani sawit khususnya di Manokwari dapat meningkat.

Pada pertemuan itu,  Ricardo memastikan Tim Corporate Social Responsibility (CSR) Medco senantiasa memperhatikan berbagai aspek, seperti lingkungan tanaman sekitar, integrasi sapi sawit, dan optimalisasi kualitas air sungai. Perusahaan juga memberi perhatian besar dalam mengantisipasi kebakaran lahan serta penanganan konflik kepentingan.

Selain itu, beberapa bentuk kepedulian Medco juga sudah disalurkan kepada mayarakat sekitar. Perusahaan membangun jalan akses bagi masyarakat, mendirikan rumah ibadah, dan bantuan bea siswa. Seperti akhir Desember 2019 lalu, saat terjadi bencana banjir di Distrik Masni dan Sidey, Medco turut menyediakan air bersih, membantu evakuasi warga,  dan memberikan pelayanan kesehatan.

Manajemen Medco pun optimis melalui kerjasama yang baik dengan seluruh pihak kapasitas produksi perusahaan akan meningkat. Pada gilirannya kemampuan untuk ekspor dapat terwujud.

Pada kesempatan itu, Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta, menyambut positif upaya Medco untuk turut serta mensukseskan program peningkatan ekspor tiga kali lipat. Pihaknya pun siap mendukung dari sisi pendidikan agar kapasitas dan produksi Medco meningkat sehingga Gratieks di Papua Barat dapat terwujud. (Pur/269/139)