Target 2024, PTPN Group Produksi 1,8 juta ton Gula

Selasa, 25 Mei 2021, 13:18 WIB

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) kunjungi kebun tebu afdeling Nogosari HGU Pabrik Gula Djatiroto Rabu (19/05) sebagai bagian upaya monitoring dan evaluasi persiapan Giling 2021. | Sumber Foto:Dok BUMN

AGRONET -- Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) kunjungi kebun tebu afdeling Nogosari HGU Pabrik Gula Djatiroto Rabu (19/05) sebagai bagian upaya monitoring dan evaluasi persiapan Giling 2021.

“Kami sudah sepakat bahwa roadmap gula itu merupakan pertaruhan kita, utang sejarah bagi generasi , kita buktikan bahwa kita sanggup sebagai generasi penerus mengembalikan kejayaan masa lalu industri gula di pulau Jawa. Dari hasil pengecekan dilapangan tahun ini insyaalloh kita akan mendapatkan produksi yang lebih baik, dan menjadi tahun menentukan bagi kita karena kami telah menyusun roadmap gula, dmana ini sudah menjadi satu dari 88 program kementerian bumn bahwa th 2024 PTPN memproduksi 1,8 juta gula, ini bukan pekerjaan gampang tapi juga bukan hal yang tidak bisa kita kerjakan. Saya yakin dan percaya kalo generasi muda milineal di PTPN XI dan seluruh karyawan bekerja dengan semangat tinggi akan menjadi mudah kita kerjakan.

Disela-sela kunjungan, Abdul Ghani menitipkan pesan kepada seluruh karyawan khususnya milineal untuk mewujudkan kembali kejayaan industri gula di Nusantara.

 “ Kita buktikan sebagai generasi penerus untuk mengembalikan kejayaan masa lalu industri gula di Pulau Jawa, tentu kami dari holding akan mensupport segala syarat dan ketentuan harus kita penuhi. Persiapkan dengan sebaik-baiknya, bekerja secara terukur, menggunakan prinsip kehati-hatian sehingga proses giling di PTPN XI dan seluruh PG di lingkungan PTPN Nusantara Group akan berjalan dengan normal dan lebih baik dari tahun lalu” tuturnya lebih lanjut.

Menurutnya kesuksesan tersebut akan dicapai dengan saling memperkuat ketika bekerja  dalam tim dan saling berkomunikasi serta menggunakan kemampuan komunikasi dengan masyarakat sehingga kedepan PTPN Group bisa tumbuh berkembang bukan hanya untuk korporasi saja tapi memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

“ Kalau saat ini menjadi persoalan masyarakat tidak bisa menanam tebu karena pendapatan mereka rendah, menjadi tugas kita dengan kekuatan kita mengajak agar mereka bisa menanam tebu dengan varitas yang bagus, pengelolaan dan manajemen yang bagus sehingga secara usaha tani bisa lebih baik dari komoditi lain “ harapnya kemudian.

Sementara itu R. Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI menuturkan PG Djatiroto tahun 2021 target giling tebu sebanyak 865ribu ton dengan gula produksi 72 ribu ton dan rerata rendemen 8,32.

“ Kami optimis target giling PG Djatiroto sebesar 856 ribu ton tebu terealisasi, banyak kebun tebu yang memiliki produktivitas 200 ton per hektar selain itu kami juga akan mengoptimalkan membantu menggiling tebu milik petani “ terangnya. (234)