Ini Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan

Jumat, 04 Januari 2019, 06:39 WIB

Sayuran kentang. | Sumber Foto: IDnews

AGRONET -- Di Eropa umumnya, kentang merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Berbeda dengan kita, biasanya kentang hanya dijadikan sebagai bahan sayuran.

Kebanyakan kita, jika mengonsumsi kentang, misalnya direbus, akan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Karena sepertinya kurang bersih jika memakan kentang bersama kulitnya.

Padahal, dalam kulit kentang tersimpan kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kentang tidak perlu dikupas hanya dicuci bersih sebelum dimasak atau diolah. Beberapa manfaat kesehatan jika kita mengkonsumsi kentang beserta kulitnya, antara lain:

Sebagai Antioksidan

Kulit kentang sebagai sumber vitamin C. Satu kentang besar bisa memenuhi setengah vitamin C kebutuhan Anda. Vitamin C penting bagi tubuh sebagai antioksidan dan membantu menyembuhkan luka.

Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Diabetes

Kulit kentang berserat tinggi. Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun, jika tanpa kulitnya, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram. Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol, dan membantu mencegah diabetes. 

Menurunkan Tekanan Darah dan Menghindari Dehidrasi

Kentang dan kulitnya mengandung kalium yang tinggi, 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.

Untuk Kekebalan Tubuh

Kentang dan kulitnya kaya vitamin B6. Makan satu kentang beserta kulitnya dapat memenuhi 46 persen vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam kerja pencernaan dan kekebalan tubuh.

Menjaga dalam Metabolisme Protein, Karbohidrat, dan Kolesterol

Kandungan kentang dan kulitnya sebagai sumber mangan. Kandungan nutrisi ini memang jarang dikenal, tapi tubuh membutuhkannya. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33 persen kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat, dan kolesterol. (591)