Bawang Putih, Mujarab untuk Atasi Kapalan

Jumat, 23 Agustus 2019, 14:41 WIB

Menghilangkan kapalan dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yaitu dengan mengoleskan cream/lotion bawang putih. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET --  Pernahkah Anda mengalami penebalan kulit atau kapalan di telapak kaki?  Dalam istilah kedokteran, kapalan adalah sebuah penebalan dan pengerasan yang terjadi pada lapisan kulit. Kapalan ini terjadi akibat gesekan tekanan secara terus menerus.  Karena berjalan jauh atau berlari tanpa menggunakan alas kaki. Kapalan juga bisa akibat gesekan kaki dengan permukaan sepatu akibat sepatu yang terlalu ketat.

Oleh sebab itulah kapalan sering terjadi pada bagian telapak kaki, kemudian telapak tangan, dan juga sela-sela jari yang sering digunakan memegang benda-benda tertentu. Sebenarnya kapalan ini bukanlah sebuah penyakit, dan munculnya kapalan pada kulit tidak membayahakan kesehatan, namun perlu dihilangkan. Pasalnya, kapalan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit tersebut.

Menghilangkan kapalan bisa dilakukan secara mudah dan tidak harus melakukan pengobatan ke dokter. Benjolan kecil yang mengeras ini akan mulai berkurang ketika gesekan dikurangi  sedikit demi sedikit.  Selain itu, menghilangkan kapalan  dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yaitu dengan mengoleskan cream/lotion bawang putih.

Untuk membuat cream bawang putih sangat mudah dan sederhana. Siapkan bahan yang akan dipergunakan yaitu 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh minyak zaitun. Potong bawang putih menjadi 4 bagian dan kemudian lumatkan bawang hingga berbentuk pasta.  Berikan tambahan minyak zaitun secukupnya pada bawang putih yang sudah dilembutkan.

BERITA TERKAIT

Aplikasikan ramuan bawang putih tersebut ke bagian kaki yang mengalami kapalan, setelah itu tutupi dengan kasa untuk melindunginya.Sebaiknya gunakan sebelum tidur sehingga bisa dilepas pada keesokan hari ketika Anda bangun. Dengan bahan tradisional ini kulit kapalan akan menjadi semakin lunak secara berkala. (234)

BERITA TERKAIT