Mentimun untuk Mengatasi Kelebihan Asam Lambung

Senin, 16 Desember 2019, 10:04 WIB

Mentimun, makanan rendah lemak yang memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan lambung. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Asam lambung adalah salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Penyakit ini muncul karena tidak berfungsinya lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang bekerja sebagai pintu otomatis ketika ada makanan atau minuman yang turun ke perut dan menutup kembali setelah makanan sampai diperut agar asam dan makanan tidak kembali naik ke atas. Ketika lingkaran otot pada bagian bawah esofagus ini mengalami gangguan dengan tidak dapat bekerja secara otomatis, maka asam lambung dapat naik sampai esofagus dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati.

Penyakit ini bisa diatasi dengan berbagai cara, yakni dengan obat kimiawi dan bisa juga diobati dengan cara tradisional dengan menggunakan mentimun.

Mentimun adalah makanan rendah lemak yang memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan lambung. Mentimun mampu meredakan panas dalam atau panas dalam tubuh, serta dapat mengurangi rasa nyeri akibat kelebihan asam lambung. 

Bagian dalam buah mentimun, terlebih pada bagian kulitnya dapat mencegah terjadinya gangguan dalam sistem pencernaan yang timbul akibat detoksifikasi pada usus, terlebih untuk mengatasi sakit lambung atau kelebihan produksi asam lambung.

Cara memanfaatkan mentimun untuk pengobatan asam lambung cukup mudah. Beli mentimun segar. Pastikan kulit mentimun berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Mentimun yang berwarna kekuningan atau layu menunjukkan kurangnya kesegaran. Iris memanjang mentimun setebal kurang lebih 1 cm. 

Kupas kulit dan buang biji mentimun untuk menjaga kesegaran dan kandungan nutrisinya. Makan 2 potong setiap 2 jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung. Jika dikehendaki, campur mentimun dengan bahan-bahan lain yang juga berkhasiat meredakan keasaman lambung, seperti yogurt, wortel, mint, atau bawang putih mentah. Cara ini justru lebih efektif menyembuhkan asam lambung daripada dikonsumsi secara langsung.(234)

BERITA TERKAIT