Pisang Kepok, Pilihan Tepat Berbuka Puasa

Kamis, 23 April 2020, 10:11 WIB

Pisang kepok kaya akan kandungan gizi, kaya karbohidrat, kadar lemak rendah, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat berpuasa, Pisang kepok mampu menjaga kesehatan tubuh saat puasa. | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET -- Saat ramadhan, buah pisang kepok menjadi salah satu jenis buah yang sering di konsumsi oleh keluarga muslim indonesia untuk menu berbuka puasa. Biasanya diolah menjadi masakan kolak pisang. Pisang ini memang dikenal memiliki citarasa yang manis. Tekstur dagingnya keras namun tetap lembut sehingga lebih enak dan cocok disantap sebagai kolak pisang.

Buah pisang kepok termasuk jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu dalam mengkonsumsinya. Selain untuk kolak pisang, olahan yang sering dibuat berbahan dasar pisang kepok antara lain : pisang goreng, bolu pisang, keripik pisang dan jenis makanan olahan lainnya. Rasanya yang manis dan nikmat membuat pisang kepok ini menjadi pilihan yang tepat sebagai menu keluarga saat berbuka puasa.

Makanan tradisional ramadhan yang diturunkan dari generasi ke generasi ini rupanya pilihan yang tepat orang-orang tua kita untuk keluarga, terutama disaat berpuasa. Pisang kepok dikenal kaya akan kandungan gizi, kaya karbohidrat, kadar lemak rendah, sehingga mampu menjaga kesehatan. Itulah kenapa pisang kepok juga menjadi pilihan untuk menu diet. 

Kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah kalori 99kal, Protein 1,2gram, Lemak 0,2gram, Karbohidrat 25,8 miligram(mg), Serat 0,7gram, kalsium 8mg, fosfor 28mg, besi 0,5mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08mg, Vitamin C 3mg, dan air 72gram.

Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam pisang kepok tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama saat berpuasa. Beberapa manfaat tersebut antara lain : 

Menjaga Stamina saat Berpuasa

Pisang kepok memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu pisang kepok terdapat vitamin B6 yang berfungsi menolong sistem metabolisme atau pencernaan dalam tubuh. Dengan kadar lemak yang rendah sangat tepat untuk dikonsumsi orang yang sedang berpuasa atau sedang menjalankan program diet. Karena tubuh akan merasa kenyang tanpa mencemaskan bentuk badan.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Baik serat terlarut maupun serat kasar berperan dalam memperlancar proses pencernaan di usus. Serat akan mempertahankan kadar air tetap normal, membantu penyerapan sari-sari makanan oleh usus, membantu ekosistem usus tetap kondusif untuk kehidupan bakteri-bakteri baik sehingga pembentukan feses lancar.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Pisang kepok mengandung potassium yang membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Selain itu, potassium juga membantu setiap proses metabolisme di dalam tubuh kita.

Bagi anda yang mengalami gejala kekurangan potassium sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang kepok karena pisang kepok merupakan sumber makanan yang mengandung zat potassium terbesar dibanding sumber makanan lainnya. Potassium merupakan zat yang penting bagi tubuh dan harus selalu terpenuhi kebutuhannya.

Meredakan Penyakit Maag

Buah pisang kepok mengandung efek antacid sehingga bisa menetralkan kadar produksi asam lambung berlebihan. Selain itu buah pisang kepok ini sangatlah baik untuk lambung karena mudah dicerna. Buah pisang kepok dapat anda konsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.Dengan mengkonsumsi pisang kepok maka mampu mengatasi dan juga menghilangkan rasa sakit akibat penyakit maag.

Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Ekstrak pisang kepok mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat terlarut yang mampu diserap sampai ke dalam jaringan tubuh akan mengikat cairan di dalam empedu. Serat terlarut ini akan mengikat kolesterol dalam darah dan selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses.

Menguatkan Tulang

Pisang kepok juga mengandung zat prebiotik yang berperan sebagai pemaksimal penyerapan nutrisi dalam tubuh. salah satu nutrisi yang bisa dibantu penyerapannya oleh zat prebiotik adalah vitamin D dan kalsium sehingga tulang pun akan menjadi lebih kuat. Mengkonsumsi buah pisang kepok dapat membantu untuk mengatasi masalah keroposan tulang atau osteoporosis dan juga masalah tulang.

Dengan mengetahui manfaatnya, bersyukur bagi penggemar kolak pisang karena tidak perlu ragu menikmati kolak pisang kepok menjadi menu berbuka puasa. Hanya saja, harga pisang kepok melonjak di saat-saat awal bulan puasa seperti sekarang.

Selamat berpuasa bulan ramadhan 1441 H, tetap jaga kesehatan dan jaga jarak untuk menghindari pendemi cofid-19(234)