Jangan Dibuang. Akar Serai Berguna untuk Tolak Angin.

Senin, 11 Mei 2020, 16:01 WIB

Akar serai sangat manjur untuk mengobati rasa masuk angin, menghangatkan tubuh, meredakan radang tenggorokan, dan perut kembung. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET --  Serai (Cymbopogon citratus) adalah tanaman herbal yang dikenal dengan aromanya serta rasanya yang wangi dan menyegarkan. Tumbuhan yang lebih dikenal di kawasan Asia seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia ini, selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan masakan. Selain itu juga  digunakan untuk menghilangkan bau anyir pada jenis kerang - kerangan, udang, ikan dan lainnya.

Serai juga diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, memberikan efek kehangatan, meningkatkan imunitas dan digunakan untuk bahan baku herbal alami yang dapat menyembuhkan penyakit keseleo, sakit pinggang, luka memar. Terlebih di masa pendemi covid-19 ini. Untuk meningkatkan imunitas, Serai banyak digunakan sebagai campuran minum teh, jahe dan minuman mpo-mpon atau herbal.  

Serai dapat digunakan sebagai obat dikarenakan banyaknya zat dan vitamin baik yang terkandung di dalamnya. Kandungan daun serei di antaranya adalah: Vitamin A, Vitamin C, Sodium, Kalium, Kalsium, Tembaga, Zinc, Asam folat, Niasin (vitamin B3), Piridoksin (vitamin B6), Riboflavin (vitamin B2), Thiamin (vitamin B1), Besi, Magnesium, Mangan, Selenium, Kalori, Karbohidrat, Protein dan Lemak. 

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Seluruh tanaman serai dari daun hingga akar dapat dimanfaatkan.

BERITA TERKAIT

Akar serai sangat manjur untuk mengobati rasa masuk angin, menghangatkan tubuh, meredakan radang tenggorokan, dan perut kembung. Gangguan-gangguan tersebut bisa di atasi dengan cara mengolah akar serai menjadi teh. 

Berikut cara meramu akar serai:

  • Potong akar sereh dan cuci sampai bersih sebelum kamu rebus dengan 3 gelas air.
  • Tunggu sampai airnya menguap dari 3 gelas menjadi 1 gelas.
  • Saring air rebusan dan buang sisa akar.
  • Minum ramuan teh akar serai pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Ramuan di atas sisa juga dicampurkan dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak yang disebabkan oleh hidung tersumbat. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga juga merupakan obat rempah untuk flu.(234-dari berbagai sumber)

BERITA TERKAIT