Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Jumat, 14 Agustus 2020, 16:06 WIB

Salah satu manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi. | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET -- Penyebab utama gigi kuning umumnya akibat kebiasaan buruk seperti minum kopi, minum teh, dan merokok. Biasanya kebiasaan sikat gigi lebih jarang.Kandungan nikotin dalam rokok, tanin dalam teh, dan kafein dalam kopi adalah penyebab terbesar gigi menguning. Tentu bukan sesuatu yang baik. Selain dapat mengurangi kepercayaan diri ketika berbicara dengan seseorang, gigi kuning mengindikasikan gigi tidak sehat. Untuk diperlukan penanganan sesegera mungkin untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Berbagai cara dilakukan hanya untuk memutihkan gigi, mulai dari melakukan perawatan ke dokter gigi atau melakukan perawatan sendiri seperti menggunakan kulit jeruk yang tentunya hanya memerlukan biaya yang sangat sedikit.

Buah jeruk, buah berwarna oranye, hijau, atau kuning ini dikenal karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sudah menjadi favorit bagi banyak orang Tanaman buah ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah sehingga memunculkan banyak varian jeruk. Dapat diolah menjadi bermacam – macam menu, atau bisa langsung dimakan setelah dikupas kulitnya.

Kulit jeruk ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Jadi jangan langsung membuang kulitnya begitu saja setelah dikupas.  Salah satu manfaat kulit jeruk adalah dapat memutihkan gigi. Kulit jeruk bisa menjadi pilihan solusi alami bagi Anda yang kurang percaya diri dengan gigi menguning.

Kulit jeruk mengandung d limonene, vitamin C, pektin, glukasilat dan serat larut yang dipercaya secara efektif bisa membantu memutihkan gigi dengan mengurangi noda pada gigi penyebab gigi menjadi kuning seperti merokok, mengonsumsi makanan, minuman asam atau bahkan karena faktor keturunan.

Berikut beberapa cara memutihkan gigi dengan kulit Jeruk

1. Kulit jeruk saja tanpa tambahan

Kandungan asam pada Kulit Jeruk sangat baik dan ampuh untuk memutihkan gigi sekaligus berfungsi sebagai anti mikroba untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada mulut, gigi dan gusi.

Caranya:

  • Ambil kulit jeruk seperlunya.
  • Gosokkan bagian putih dari kulit jeruk pada gigi selama 2 menit.
  • Diamkan selama 1 menit, baru berkumurlah seperti biasanya.
  • Lakukan cara ini setiap hari sampai gigi benar-benar kembali putih cemerlang.

2. Kulit Jeruk dan Arang

Banyak sekali makanan yang dapat membuat gigi menjadi cepat kuning. Namun jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi secara mudah dengan campuran kulit jeruk dan arang aktif.

Caranya:

  • Haluskan arang aktif seperlunya bersama dengan kulit jeruk secukupnya.
  • Sikat gigi anda dengan campuran tersebut selama 1-2 menit.
  • Jika sudah, berkumurlah dan sikat kembali gigi seperti biasanya
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Kulit Jeruk dan Kulit Pisang

Kulit Pisang mengandung beberapa mineral penting seperti mangan dan potasium yang juga ampuh untuk membantu memutihkan gigi secara alami, cepat dan efektif.

Caranya:

  • Haluskan kulitjeruk seperlunya lalu oleskan pada bagian putih kulit pisang.
  • Gosokkan kulit pisang tersebut pada seluruh permukaan  gigi selama 2 menit.
  • Jika sudah selesai, berkumurlah dengan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan secara teratur 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan cepat tercapai. .

Meski murah, tetapi ternyata memutihkan gigi dengan kulit jeruk juga lebih aman dan efektif. Silakan mencoba,(234)