Kecipir, Sayuran Remeh yang Kaya Manfaat

Jumat, 28 Agustus 2020, 15:08 WIB

Selain untuk konsumsi, ternyata pada daun dan biji kecipir mengandung flavonoid, saponin serta tannin sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat. | Sumber Foto:Dok Istimewa

Kecipir atau dalam bahasa Sumatra disebut kacang botol atau kacang belingbing sedangkan di Palembang disebut dengan kacang embing. Tumbuhan ini adalah jenis tumbuhan merambat yang pucuk dan polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran.

Di Indonesia, tanaman ini diambil buahnya yang masih muda beserta pucuk serta daun mudanya untuk diolah lalu dikonsumsi. Misalnya untuk lalapan, pecal, urap atau dicampurkan ke dalam sayur. Namun di Bangladesh, di Negara ini kecipir dimakan bersama daging atau ikan.

Selain untuk konsumsi, ternyata pada daun dan biji kecipir mengandung flavonoid, saponin serta tannin sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Ekstrak daun kecipir pada masa lalu digunakan sebagai obat mata bengkak juga sakit telinga. Hal ini juga telah dibuktikan oleh masyarakat Arab, Pakistan dan Cina dengan mencampurkan dalam obat-obatannya.

Beberapa manfaat kecipir atau winged beans untuk kesehatan di antaranya:

Meningkatkan imun tubuh

Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah dapat secara gampang terjangkit beraneka macam macam penyakit. Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah mengonsumsi kecipir.

Kandungan vitamin C dan vitamin A pada manfaat kecipir mempunyai peran penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah dari beraneka macam macam infeksi virus dan bakteri.

Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit yang ditimbulkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sehingga hal tersebut dapat membuat penderita mengalami pucat dan mudah lelah. Salah satu cara cukup ampuh untuk menghindarkan penyakit anemia adalah mengonsumsi kecipir.

Pasalnya manfaat kecipir terbukti dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Sehingga membuat tekanan darah menjadi imbang dan menghindarkan anemia.Mengonsumsinya secara teratur juga dapat menjauhkan dari beraneka macam penyakit sangat parah, seperti jantung dan stroke.

Mencegah kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, semenjak dini wajib dikerjakan upaya cara mencegah. Salah satu cara alternatif menghindarkan kanker adalah mengonsumsi kecipir.

Kandungan antioksidan pada manfaat kecipir dapat membantu menghindarkan radikal bebas. Sehingga tubuh akan dapat menghindari berbagai macam penyakit sangat parah, seperti kanker dan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Bagi yang mempunyai masalah gangguan penglihatan, sebisa mungkin mengonsumsi kecipir. Pasalnya tanaman ini mengandung thiamin yang berguna efektif meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu, kandungan ini juga mempunyai peran penting untuk menghindarkan penyakit yang berkaitan dengan mata, seperti katarak dan glaukoma.

Mengatasi asma

Manfaat kecipir lain yakni dapat menyembuhkan penyakit asma. Kecipir mengandung magnesium yang bisa membantu menyembuhkan penyakit asma. Mengonsumsinya secara rutin dinilai efektif untuk menghindarkan sesak napas.

Menjaga kesehatan wanita hamil

Bagi wanita hamil, mengonsumsi kecipir bisa menjadi salah satu metode untuk mempertahankan kesehatan kehamilan. Pasalnya pada tanaman tersebut mengandung nutrisi penting yang bagus untuk perkembangan bayi. Sehingga mengonsumsi secara rutin dapat menjaga kesehatan kehamilan.

Menjaga kesehatan tulang

Kecipir juga dikenal mempunyai kandungan kalsium dan fosfor. Sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, seandainya rutin mengonsumsi kecipir juga dapat membuat tubuh semakin kuat saat menjalankan segala aktivitas harian dengan penuh semangat.

Dengan banyaknya manfaat serta rasa lezat maka tanaman ini banyak ditanam untuk diolah sebagai sayur sehari – hari. (234)