Atasi Mastitis dengan Daun Sirih Merah

Kamis, 24 September 2020, 20:22 WIB

Manfaat daun sirih merah selain digunakan sebagai tanaman hias, juga memiliki khasiat mengatasi mastitis, radang pada payudara ibu menyusui. | Sumber Foto:Dok AGRONET

AGRONET -- Daun sirih merah dengan nama ilmiah piper ornatum adalah tumbuhan yang termasuk dalam family piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai. Manfaat daun sirih merah selain digunakan sebagai tanaman hias, juga dipercaya memiliki khasiat yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Sirih merah tumbuh berselang-seling dari batangnya serta memiliki penampakan daun yang berwarna merah keperakan mengkilap.

Sejak lama, daun sirih merah telah dipercaya oleh masyarakat di Pulau Jawa  sebagai obat untuk meyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penggunaan sirih merah dapat digunakan dalam bentuk utuh maupun diekstrak menjadi kapsul.

Daun sirih merah banyak digunakan pada klinik herbal sebagai ramuan atau terapi bagi orang dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia. Beberapa orang menggunakan daun sirih merah dengan cara ditumbuk hingga mengelurkan minyak dan menjadikannya sebagai obat oles pada luka luar.

BERITA TERKAIT

Khasiat dari tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional  ini disebabkan karena adanya senyawa aktif yang terkandung pada sirih merah seperti Flavonoid, Alkaloid, Polifenolat, Tanin dan Minyak atsiri Senyawa flavonoid dan polifenolat bersifat antioksidan, anti diabetik, anti kanker, antiseptik, dan antiinflamasi. Sedangkan senyawa alkoloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirih merah juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang kuat dan dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri. Beberapa jenis bakteri yang dipercaya mampu ditangani oleh khasiat daun sirih merah antara lain escherichia coli (bakteri e-coli), salmonella sp, staphylococcus aureus, klebsiella, pasteurella, dan dapat mematikan candida albicans.

Sirih Merah Mengobati mastitis

Mastitis adalah kondisi peradangan pada payudara ibu menyusui yang ditandai dengan bengkak, merah, dan terasa hangat saat diraba. Jika tidak ditangani secara serius, mastitis bisa mengakibatkan infeksi.

Melalui penelitian, diketahui bahwa daun sirih merah memiliki senyawa antibakteri yang dapat menghambat beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus aureus. Jenis bakteri ini merupakan salah satu bakteri penyebab terjangkitnya mastitis.

Daun sirih merah dapat bertindak sebagai antiseptik herbal karena mengandung minyak esensial, flavonoid, saponin, dan tannin. Oleh karena itu banyak ibu menyusui menggunakan tumbukan daun sirih merah sebagai obat topikal (oles atau kompres) untuk mengatasi mastitis ini. Namun, pemberian sirih merah sebagai obat oles hanya untuk mengatasi kondisi ringan dan tidak untuk menyembuhkan penyakit seutuhnya.

Selain manfaat sirih merah di atas, beberapa penelitian lain juga menyebut kandungan dalam tanaman merambat ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit antara lain jantung koroner, diabetes mellitus, tuberkulosis, asam urat, kanker payudara, kanker darah (leukemia), ambeien, penyakit ginjal, hingga impotensi.

Selain itu, daun sirih merah juga dipercaya mampu menyembuhkan eksim, gatal-gatal, luka bernanah yang sulit sembuh, karies gigi, batuk, radang pada mata, telinga, prostat, hepatitis, hipertensi, keputihan kronis, Demam Berdarah Dengue (DBD), penambah nafsu makan, hingga penyakit kelamin (gonore, sifilis,  hingga herpes).

Namun, meskipun begitu, penggunaan daun sirih merah sebagai obat tradisional tidak direkomendasikan sebagai obat utama untuk menangani penyakit. (234)

BERITA TERKAIT