Merang Padi, Cara Alami Hitamkan Rambut

Minggu, 18 Oktober 2020, 16:26 WIB

Merang padi dapat dimanfaatkan sebagai penghitam rambut alami yang lebih aman bagi kesehatan. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Rambut hitam, lebat dan sehat adalah keinginan setiap orang khususnya kaum perempuan. Saat ini, dengan mudah kita jumpai produk-produk kecantikan yang menawarkan penghitam rambut, mulai dari shampo, vitamin, serum, hingga semir dengan berbagai macam kualitas. Namun perlu kita ketahui, ada cara menghitamkan rambut secara tradisional dengan memanfaatkan bahan yang banyak tersedia di pedesaan, sisa panen padi yang biasanya terbuang percuma yaitu merang padi.

Merang padi dapat dimanfaatkan sebagai penghitam rambut alami yang lebih aman bagi kesehatan. Kandungan merang padi terdiri dari komposisi kimiawi karbon 1,33%, hidrogen 1,54%, silika 16,98%, dan oksigen 33,64%. Itulah kenapa merang dijadikan sebagai bahan baku alami pembuatan shampo.

Khasiat merang padi sebenarnya sudah lama dikenal di Indonesia. Sejak zaman kerajaan merang padi biasanya digunakan oleh para putri-putri kerajaan untuk merawat rambut. Selain aman, cara ini juga mudah untuk dilakukan. Jika penasaran dengan khasiat hebat yang dimiliki merang padi, Anda bisa mencoba mempraktekannya di rumah.

Adapun cara menghitamkan rambut menggunakan merang padi adalah sebagai berikut :

Pertama, siapkan beberapa ikat merang padi yang telah dikeringkan. Sesuaikan pula jumlah ikat merang padi dengan tebal tidaknya rambut yang ingin dibuat lebih hitam dan berkilau. Tempatkanlah merang padi pada suatu wadah, kemudian dibakar. Penempatan di wadah ini bertujuan mengumpulkan abu sisa pembakaran serta menghindari terbakarnya benda lain. 

Kedua, setelah tumbuhan merang padi menjadi abu, tambahkan air hingga terendam semua sambil diaduk supaya rata. Selanjutnya campur larutan tadi dengan perasan air jeruk nipis. 

Ketiga, duk hingga rata, kemudian biarkan rendaman larutan tadi selama satu malam. Untuk hasil yang lebih baik, letakan di udara bebas agar abu merang padi terkena embun pagi. Setelah mengendap sehari semalam, ambil air jernih yang terdapat di permukaannya dan gunakan air tersebut sebagai air untuk keramas. Lakukan secara rutin tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk yang tinggal di daerah yang dekat dengan persawahan akan lebih mudah merasakan khasiat merang padi ini. Namun, jika Anda tinggal di daerah perkotaan tak perlu khawatir, sekarang tidaklah sulit mendapatkan merang padi karena di pasar online seperti shopee, tokopedia dan lain lain telah banyak menawarkan. a

Tidak hanya membuat rambut Anda hitam berkilau, Merang padi ini juga berkhasiat untuk jenis rambut yang memiliki kadar minyak berlebihan sehingga akan mengontrol kadar pengeluaran minyak di kulit kepala. Manfaat rambut hitam berkilau sudah didapat, pengontrolan minyak pun bisa dirasakan dan dengan nilai yang sangat ekonomis pula. Sungguh menguntungkan.

Sayangnya tradisi menggunakan merang padi ini sudah tidak lagi ditemukan, bahkan di pedesaan dan di kebiasaan adat. Tergerus banjirnya produk shampoo dan kosmetik beriklankan model yang cantik rupawan yang diidamkan para pengguna produknya.(234)

BERITA TERKAIT